Banner 728x250
Agama

Kenapa Syarifah Tidak Boleh Menikah Dengan Pria Lain? Benarkah Dia Cucu Rasulullah?

×

Kenapa Syarifah Tidak Boleh Menikah Dengan Pria Lain? Benarkah Dia Cucu Rasulullah?

Sebarkan artikel ini

artinya: “Sesungguhnya Allah SWT telah bermaksud hendak menghilangkan dosa darimu, hai ahlu al-bait serta membersihkan kamu dengan sebersih-bersihnya.”

Meski ada keutamaan Syarifah sebagai Ahlul Bait, tetapi Rasulullah SAW juga tetap memberi dorongan kepada mereka agar memperbesar ketaqwaan kepada Allah SWT. Janganlah sampai hanya mengandalkan hubungannya dengan beliau.

Hal ini karena hubungan mulia yang tidak disertai dengan amal saleh, maka tidak akan membawa mereka kepada martabat yang tinggi di sisi Allah SWT.

Titik temu Islam serta budaya lokal nusantara kemudian menjelaskan bahwa syarif dan syarifah adalah sebutan gelar yang diperoleh melalui garis ayah.

Dikarenakan syarif serta syarifah merupakan garis keturunan langsung Rasulullah, maka kemudian mereka harus mempertahankan nasab ataupun garis keturunan tersebut.

Anak dari syarif yang menikahi perempuan non-sayyid kemudian tetap dapat menyandang gelar syarif ataupun syarifah.

Namun, sebaliknya, anak dari syarifah yang menikahi laki-laki non-sayyid kemudian tidak berhak menggunakan gelar syarif atau syarifah.

Dikutip dari jurnal Hukum Pernikahan Syarifah dengan Laki-laki Non Sayyid oleh Nurul Fatah, pernikahan di antara sesama gelar syarif ini disebut juga dengan sistem patrilineal.

Sistem ini juga bertujuan untuk melestarikan serta menentukan nasab seseorang. Dengan sistem inilah yang kemudian menuntut para wanita syarifah untuk menikah dengan orang-orang yang se-kufu’ atau sepadan dengan mereka.

Jika terjadi pernikahan Syarifah dengan non-sayyid, maka risikonya adalah terputusnya keturunan Rasulullah.