News  

Rancangan Aksi Perubahan, Unit Kerja PBJ Luwu, Luncurkan Aplikasi “SISOLA PBJ”

Eksposindo.com |  Unit kerja pengadaan barang dan jasa Pemda Luwu luncurkan aplikasi yang diberi nama SISOLA PBJ (Sistem Informasi Pengolahan Data Pengadaan Barang/Jasa).

Sisola PBJ ini merupakan rancangan aksi perubahan bagi pemerintah daerah Kabupaten Luwu yang digagas oleh   Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Luwu yang diluncurkan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IX BKPSDM Luwu Bekerjasama BPSDM Provinsi Sulsel Tahun 2023.

Andi Besse Rahayu Rahim, S. An pencetus aplikasi Sisola PBJ ini menyampaikan, aplikasi ini memungkinkan terintegrasi dengan semua system informasi dalam ruang lingkup pengadaan barang jasa, yakni Aplikasi SIRUP, SPSE, Ekatalog, SIKAP, MONEV PBJ dan Akuntabilitas Informasi PBJ.

“Tujuan SISOLA PBJ ini, diterapkannya system informasi pengolahan data dan pengelolaan yang komplit secara menyeluruh dan saling terintegrasi dari semua system informasi pengadaan barang jasa sehingga memungkinkan satu system untuk seluruh proses pengadaan barang jasa” ucap Besse Rahayu, Selasa, 24 Oktober 2023.

Besse Rahayu menyampaikan, manfaat aplikasi ini bagi organisasi itu, Pimpinan dan seluruh SDM yang ada salam organisasi mampu mengakses, menarik, melihat data secara cepat, tepat dan dan realtime kapanpun dan dimanapun sesuai kebutuhan permintaan dari berbagai stakeholder.

Manfaat bagi masyarakat sendiri kata Besse Rahayu adalah, Aksesibilitas terhadap informasi data pengadaan barang jasa dapat di akses kapan saja dan dimana saja oleh masyarakat umum.

Besse Rahayu melanjutkan, sementara manfaatnya bagi stakeholder adalah, efisiensi pelayanan yang lebih baik dalam menyajikan dan memberikan data informasi pengadaan barang jasa dalam menunjang pelayanan yang prima.

“Jadi SISOLA PBJ ini adalah system untuk melakukan pengolahan data dari beberapa system penunjang pada proses pengadaan barang jasa Bagian Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Luwu, H. Sulaiman mengapresiasi adanya rancangan aksi perubahan ini yang dilakukan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa.

H. Sulaiman menyampaikan, sekaitan dengan rancangan aksi perubahan yang diangkat dengan judul SISOLA PBJ ini diharapkan aplikasi ini bisa memberi data informasi yang tepat tentang kegiatan-kegiatan di Unit Kerja PBJ, khususnya dalam pelaksanaan tender itu bisa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Tentu kita berharap dengan adanya aplikasi SISOLA PBJ ini betul-betul bisa dimanfaatkan dengan baik khususnya dalam memberikan data yang tepat sehingga kegiatan-kegiatan pelelangan barang dan jasa yang ada di Unit Kerja PBJ, bagian di sektetariat ini bisa terlaksana dengan baik sehingga para rekanan dalam mengajukan permohonan dalam mengikuti tender bisa merasa puas dengan data yang disajikan oleh bahian PBJ” ucapnya.

Sekda juga mengatakan, dengan adanya aplikasi ini bisa terhindar terjadi hal-hal penyalahgunaan kewenangan karena  adanya data yang tepat sehingga betul-betul menghasilkan pelayanan yang sebaik-baiknya dan bisa memberi kepuasan kepada teman-teman rekanan dalam rangka pengajuan permohonan antuk memenangkan setiap peoyek-proyek yang dilelang di unit PBJ Kabupaten Luwu. (*)