KOMPERSI Serukan, Copot Kadis DPMD Luwu dan Usut Tuntas Penggunaan Dana Pilkades

  • Bagikan

Eksposindo.com | Koalisi Masyarakat Desa Peduli Pilkades Bersih (KOMPERSI) gelar unjuk rasa depan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu, Senin, 4 April 2022.

Mereka secara khusus menyoroti terkait pelaksanaan pilkades yang ada di desa Tede Kecamatan Bastem.

Dalam orasinya Damianto yang bertindak sebagai Jenderal Lapangan menyuarakan bahwa Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu telah gagal menggelar Pilkades Serentak dibeberapa desa.

“Banyak terjadi kelalaian-kelalaian ataupun pelanggaran-pelanggaran selama pilkades ini berlangsung”

Damianto menegaskan bahwa diantara pemicu terjadinya pelanggaran Pemilihan Kepala Desa Tede,  yaitu, tidak adanya sosialisasi dan simulasi tata cara pencoblosan yang dilakukan oleh panitia Pilkades di desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.

Kemudian kata Damianto, tidak adanya kotak suara yang disiapkan oleh Panitia Pemilihan Desa Kabupaten membuat peluang kecurangan piikades semakin bertambah.

“Yang paling Fatal, yakni Pengadaan Tenda, Papan Tulis, Spidol dan sarana prasana pilkades  itu didominasi oleh swadaya masyarakat desa, serta banyaknya suara warga desa yang batal dan tidak sah, sehingga semakin menambah kekisruhan pelaksanaan Pilkades yang terkesan dilaksanakan ala kadarnya” tegas Damianto.

  • Bagikan