Banner 728x250
News

Natal dan Tahun Baru, Basarnas Palopo Siagakan Personil di Bandara, Pelabuhan dan Tempat Wisata

×

Natal dan Tahun Baru, Basarnas Palopo Siagakan Personil di Bandara, Pelabuhan dan Tempat Wisata

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Dalam Rangka Siaga SAR Khusus Natal tahun 2023 dan menyongsong Tahun  Baru 2024, Basarnas Pos Palopo siagakan personil di objek-objek vital.

Siaga SAR ini mulai berlangsung sejak 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

Kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau meminimalisir kemungkinan terjadi kecelakaan yang membahayakan jiwa manusia dalam masa perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut.

Koordinator Pos Unit Siaga SAR Palopo, Rifman, menjelaskan giat ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Selain itu juga sebagai pelayanan SAR yang Profesional, Sinergi, Militan dan Santun.

Baca Juga:  Dalami Pembuatan Gula Aren Cair, KPH Ulubila Bone, Study Tiru di KTH Tumbubara Luwu

“Dalam Siaga SAR ini kami melakukan pemantauan pada 4 titik yaitu, Bandara Ilagaligo Bua, Pelabuhan Tanjung Ringgit dan 2 tempat wisata yakni, di Air Terjun Latuppa dan Pantai Labombo” ucap Rifman.

Rifman menyampaikan, sengaja menyiagakan Personil di tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat karena biasaya waktu libur sekolahan dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berpergian ke tempat-tempat wisata.

Dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus ini kata Rifman, personil tetap melaksanakan prinsip-prinsip Quick Action Search And Rescue dalam merespon setiap bentuk kedaruratan. 

Baca Juga:  Basarnas Palopo Siaga Khusus di Bandara Bua dan Tempat Wisata Selama Libur Panjang

Selain itu kata Rifman, Basarnas juga telah melakukan imbauan kepada masayarakat agar tetap berhati-hati dan memperhatikan anak-anak mereka khususnya yang berwisata di area pantai, air terjun maupun sungai agar tidk terjadi hal yang tidak diinginkan. 

“Karena siaga ini sifatnya khusus maka kami menstandbykan semua peralatan yang ada, baik itu peralatan air, salah satunya Perahu Karet, peralatan Gunung Hutan , peralatan evakuasi dan peralatan pendukung lainnya” ucap Rifman

Rifman menyampaikan telah menurunkan 7 personil dari Basarnas  ditambah dengan potensi SAR yang dimiliki unit siaga SAR Palopo.

Baca Juga:  Korban Hanyut di Kec. Walenrang Utara Ditemukan Warga di Sungai Kec. Lamasi

“Dalam siaga SAR ini juga kami dibantu oleh potensi-potensi SAR yang ada. Terimakasih kepada potensi-potensi SAR yang senantiasa terlibat bersama Basarnas Unit Siaga SAR Palopo dalam rangka siaga SAR khusus ini” ucap Rifman. (*)