Pleno PDPB Periode April 2022, KPU Luwu Tetapkan 259.008 Pemilih

  • Bagikan

Eksposindo.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu menggelar Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Periode Bulan April 2022 di Ruang Ketua KPU Kabupaten Luwu, Kamis 28 April 2022.

Rapat dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Kab. Luwu, hadir mendampingi kasubag. Perencanaan, Data dan Informasi Hartono A. Sonde beserta Operator Admin Sidalih Endang Trianingsih.

Kordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Adly Aqsha menjelaskan bahwa Tujuan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini adalah amanah Pasal 20 Undang-Undang No 7/2017 Tentang Pemilu pasal tersebut menyatakan bahwa KPU Kabupaten/Kota mempunyai kewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lanjut adly menjelaskan bahwa kedepannya kita sudah menghadapi tahapan Pemilihan umum 2024 dan tahapan penting dalam penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan Tahun 2021 adalah pemutakhiran data pemilih karena menyangkut keberhasilan Pemilu/pemilihan.

Menurutnya, pembaharuan data setiap warga akan berpengaruh terhadap hak politik setiap pemilih pada pesta demokrasi.

“Proses pemutakhiran data pemilih dilakukan dengan mencatat warga masyarakat yang belum terdaftar dalam daftar pemilih, penduduk pindah dating, pemilih pemula yang beruisa 17 tahun dan anggota TNI/Polri yang memasuki masa purna tugas. Selain itu juga memperbaiki perubahan identitas kependudukan, perubahan status pekerjaan TNI/polri, pindah domisili e-KTP serta data laporan kematian” jelas Anggota KPU divisi perencanaan, data dan Informasi, adly aqsha.

Adly merinci  data yang dimutahirkan pada periode April 2022 ini yaitu : jumlah pemilih baru ada 4 pemilih yang terdiri dari 1 pemilih pemula dan 3 pemilih pindah masuk, pemilih TMS ada 5 pemilih terdiri dari 4 pemilih meninggal dunia dan 1 pemilih tidak dikenal, dan ubah elemen data ada 4 pemilih. Jadi jumlah PDPB sebanyak 259.008 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 128.713 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 130.295 pemilih, dengan jumlah TPS sebesar 929 TPS  yang tersebar di 22 kecamatan.

Olehnya KPU Luwu berharap partisipasi publik agar senantiasa mengecek secara pribadi apakah sudah terdaftar atau belum, kunjungi web KPU Kabupaten Luwu https://kab-luwu.kpu.go.id/ dan memilih konten cek pemilih atau melalui aplikasi Lindungihakmu yang dapat diunduh melalui playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kpu.ppdb

  • Bagikan