Agama  

Tepat 15 Ramadhan, Raja Luwu Sah Menganut Agama Islam

Makam Raja Luwu La Pati Ware Yang Pertama Masuk Islam

Maksud dan Tujuan Maddika Bua, Tandi Pau dan Datuk Sulaiman serta dua orang rekannya tersebut menghadap ke Pajung Luwu, agar Pajung Luwu bisa menerima syi’ar Islam dan dapat dijadikan sebagai agama di Kerajaan Luwu.

Akhirnya berangkatlah Tandi Pau bersama dengan Datuk Sulaiman dan kedua rekannya tersebut menggunakan kapal milik Datuk Sulaiman dan Kapal Perang Maddika Bua menuju pusat pemerintahan Kerajaan Luwu yang berkedudukan di Malangke (Malangke, sekarang menjadi wilayah Kabupaten Luwu Utara) untuk menemui Pajung Luwu yang ke XV dan saat itu dijabat oleh La Pati Ware.

Sesampainya rombongan tersebut di Istana Kerajaan Luwu, merekapun disambut langsung oleh   Pajung Luwu La Pati Ware. Datuk Sualiman pun mengutarakan maksud dan tujuannya dari Minangkabau menuju ke daerah Kerajaan Luwu ini, yaitu membawa ajaran Islam untuk dikembangkan di wilayah Kerajaan Luwu.

Setelah melakukan dialog yang panjang serta melakukan uji kesaktian di kedua belah pihak yakni pihak Kerajaan Luwu dan Pihak Datuk Sulaiman akhirnya Pajung Luwu La Pati Ware mengakui kesempurnaan ajaran Islam yang dibawah oleh Datuk Sulaiman dan kedua rekannya tersebut.

Pajung Luwu La Pati Ware memeluk agama Islam bertepatan dengan 15 Ramadhan 1013 H/1593 M.