Tepat 15 Ramadhan, Raja Luwu Sah Menganut Agama Islam

  • Bagikan
Makam Raja Luwu La Pati Ware Yang Pertama Masuk Islam

Eksposindo.com — Perkembangan dan penyebaran Islam di Sulawesi Selatan tentunya tak lepas dari pengaruh kerajaan Luwu kala itu dimana dalam sejarah masuknya serta penyebaran agama Islam di daerah Luwu itu ditandai dengan Raja yang pertama memeluk Islam di Sulawesi Selatan itu, Raja (Datu) Luwu.

Raja (Datu) Luwu ini sendiri menerima Islam dari 3 orang ulama pembawa ajaran Islam dari Minangkabau, Sumatera yang dipimpin oleh Datuk Sulaiman.

Ketiga orang itu yakni, pertama, Datuk Sulaiman (Nantinya bergelar Datuk Pattimang) yang merupakan pemimpin dari pembawa syiar Islam ini. Kedua, Abdul Makmur Khatib Tunggal (Nantinya bergelar Datuk Bandang) dan yang Ketiga, Abdul Jawal Khatib Bungsu (Nantinya bergelar Datuk Tiro).

Dalam perjalanannya menuju Kerajaan Luwu pada masa itu, ketiga orang ini berlayar mengarungi lautan dan akhirnya mereka menemukan wilayah perairan kerajaan Luwu dan Perahu mereka bersandar di daerah Lapandoso Bua (kini menjadi wilayah Desa Pabbaresseng Kecamatan Bua Kabupaten Luwu.

Namun setelah melakukan proses  yang cukup panjang akhirnya Tandi Pau (Maddika Bua)
dengan rasa ikhlas mengakui kekurangannya dan perlu penyempurnaan.

  • Bagikan