Banner 728x250
News

Penambang Galian C Di Kec. Bupon Abaikan Rekomendasi Penghentian Tambang Dari DPRD Luwu

×

Penambang Galian C Di Kec. Bupon Abaikan Rekomendasi Penghentian Tambang Dari DPRD Luwu

Sebarkan artikel ini

Luwu, Eksposindo.com – Rekomendasi penghentian Tambang Galian C yang dikeluarkan Komisi III DPRD Luwu tidak di indahkan oleh para penambang Galian C di Desa Padang Tuju Kecamatan Bupon.

Di dalam rekomendasi yang di tandatangani langsung oleh Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, tertanggal 13 November 2019 ini, ditujukan langsung ke Bupati Luwu, meminta untuk menghentikan sementara, seluruh aktifitas penambangan di daerah tersebut.

Namun kenyataannya sampai berita ini diturunkanTambang Galian C di sungai Desa Padang Tuju, Kecamatan Bupon, masih terus beroperasi. Alat berat, Eskavator, masih mengeruk pasir dan batuan sungai.

Baca Juga:  Pj Walikota dan Ketua DPRD Palopo Tandatangani Kepetusan Bersama Penarikan Ranperda Inisiatif DPRD Palopo

Ketua Komisi III DPRD Luwu, Hasdir mengatakan, rekomendasi penutupan sementara tambang C di Padang Tuju, pasca demonstrasi yang dilakukan warga Desa Padang Tuju, ke DPRD Luwu, pekan lalu.

“Untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa Padangtuju, kita terbitkan rekomendasi untuk menutup sementara, tapi faktanya masih ada aktifitas di lokasi,” ucap Hasdir, Kamis 21 November 2019

Terpisah, Ismail Ishak, Ketua FP2KEL, menyebut Tambang Galian C yang beroperasi di Desa Padang Tuju, berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, apalagi lokasi Tambang tersebut, berdekatan dengan permukiman penduduk.

Baca Juga:  Polisi Dalami Kemungkinan Ada Kelalaian Pihak Lain, Atas Meninggalnya Karyawati PT SGS

“Kepala desa bersama warga, sebenarnya sudah resah dengan keberadaan tambang itu, tapi sampai hari ini, belum ada tindakan kongkrit dari Pemda Luwu, untuk memediasi dan menyelesaikan permasalahan ini,” kata Ismail.

Ismail mendesak pihak terkait, baik Perizinan maupun Dinas Lingkungan Hidup, untuk mengkaji ulang, izin yang diberikan kepada para penambang di Desa Padang Tuju. (rls)