Banner 728x250
News

TP2DD Luwu Ajak Warga Desa Balubu Bayar Pajak Pakai Qris dalam Program QRIS Jelajah Desa

×

TP2DD Luwu Ajak Warga Desa Balubu Bayar Pajak Pakai Qris dalam Program QRIS Jelajah Desa

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Luwu melalui Bapenda Kabupaten Luwu bersama UPT Bapenda Sulsel Wilayah Luwu mengadakan kegiatan sosialisasi pembayaran pajak menggunakan QRIS, Jumat 6 September 2024, di aula kantor Desa Balubu, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu.

Sosialisasi QRIS jelajah desa ini mengajak masyarakat membayar pajak dan retribusi daerah menggunakan QRIS. Sosialisasi penggunaan QRIS juga dilakukan beberapa hari yang lalu di beberapa Desa di Kabupaten Luwu.

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Belopa Hj Rahmatiah S.Sos, M.Si. Turut hadir Kepala Bidang Perencanaan  dan Pengembangan BAPENDA Kabupaten Luwu Andi Besse Pandangai, SE, Kepala Desa Balubu Kecamatan Belopa, Ketua BPD Kepala Dusun, Pendamping Program Keluarga Harapan dan beberapa anggotanya serta perwakilan masyarakat desa Balubu.

Baca Juga:  Akibat Banjir Pelayanan Kesehatan Terhenti

Kepala Desa Balubu Ismail  S.Ag. dalam sambutannya mengajak masyarakat agar menyimak materi dengan seksama karena pembayaran QRIS ini sangat banyak manfaatnya.

Sosialisasi ini menghadirkan dua pembicara yakni Ismail Hasang mewakili Bapenda Luwu dan Hakim SE dari UPT Bapenda Sulsel Wilayah Luwu. Ismail Hasang merupakan anggota Tim Teknis TP2DD Kabupaten Luwu.

Dalam paparannya, Ismail Hasang mengimbau warga untuk menggunakan QRIS dalam pembayaran pajak seperti PBB, BPHTB, maupun retribusi. 

“QRIS ini menawarkan proses pembayaran yang mudah karena aplikasinya dapat diakses melalui Mobile Banking atau platform digital lainnya” ucapnya.

Baca Juga:  DPRD Kecewa, Pihak TBBM Pertamina Karang-karangan Enggan Beri Data Realisasi Kuota BBM Subsidi di Luwu

Hal senada dikatakan Hakim dari UPT Bapenda Sulsel Wilayah Luwu mengajak masyarakat Balubu membayar pajak kendaraan menggunakan QRIS. Sebab membayar pajak menggunakan QRIS akan menjadi lebih praktis dan tak perlu repot mencari uang pas karena QRIS dapat membayar dengan nominal yang pas.

Hakim berharap sosialisasi ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih disiplin dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. 

“Dengan sosialisasi ini, diharapkan pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat meningkat sertamampu mengurangi tingkat tunggakan pajak kendaraan bermotor di Wilayah Luwu,” ungkapnya.

Baca Juga:  BAPENDA Luwu Gelar Bimtek Kader QRIS

Dalam sosialisasi ini juga diperkenalkan cara pembayaran PBBmenggunakan QRIS, yang mudah, cepat, dan menjamin keamanan dalam proses pembayaran pajak. 

Selama acara, masyarakat yang melakukan pembayaran PBB melalui QRIS diberikan souvenir berupa minyak goreng kemasan sebagai apresiasi.

Acara ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Balubu yang turut hadir dan berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab serta diskusi. 

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat Luwu semakin mendukung pembangunan daerah dengan membayar pajak tepat waktu dan memanfaatkan kemudahan teknologi pembayaran melalui QRIS.(*)