Bencana Alam

Wanadri dan Gabungan Lembaga Sosial Serta Jurnalis Salurkan Bantuan Hingga ke Desa Terisolir

×

Wanadri dan Gabungan Lembaga Sosial Serta Jurnalis Salurkan Bantuan Hingga ke Desa Terisolir

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Hingga saat ini bantuan logistik bagi warga terdampak bencana alam di Luwu terus mengalir. Pasca bencana pada Sabtu, 4 Mei 2024 bantuan masih berdatangan di posko induk Belopa. Tidak sedikit juga kelompok masyarakat langsung menyalurkan ke daerah terkena dampak bencana.

Sama halnya yang dilakukan gabungan lembaga masyarakat di Indonesia — berkolaborasi dalam menyalurkan bantuan logistik langsung ke titik warga terdampak di Kecamatan Latimojong

Lembaga tersebut ialah Bank Syariah Indonesia (BSI) Masmalat (Jakarta) Wanadri, Ika Geo Unhas, Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (PPRPG) Ancala, Tali Simpul Negeri dari Makassar serta Jurnalis Pangkalan Galau (JPG) Belopa.

Mereka menyalurkan langsung logistiknya ke Desa Lambanan Kecamatan Latimojong, Minggu 12 Mei 2024. Meski keadaan jalan yang sulit, akan tetapi semangat mengantarkan bantuan tersebut ke titik di tujuh tetap dilanjutkan.

Ketua Regu Wanadri Nurul Ihsan mengungkapkan, bantuan logistik yang disalurkan telah melalui perencanaan seperti melakukan assessment atau mendata desa yang terisolir dan warganya.

“Ada beberapa Desa dan satu Kecamatan yang kami lakukan untuk assessment dan hari ini kami lakukan penyaluran Logistik untuk korban bencana di Desa Lambanan,” kata Nurul Ihsan usai menyalurkan logistik, Minggu, 12 Mei 2024.

Sementara itu, Indra, Relawan BSI Masmalat, driver roda empat yang membawa logistik itu ke Desa Lambanan mengakui bahwa medan jalan menuju desa tersebut termasuk sulit meski telah menggunakan mobil double cabin.

Sebab akses jalan masih terdapat sisa longsor di bahu jalan dengan kondisi lumpur dan lengket, belum lagi jalan berliku dan bergelombang. Sehingga selama proses pengantaran logistik, dirinya mengerahkan tenaganya agar mobil yang mengangkut logistik bisa sampai ke daerah tujuan.

“Jalannya ternyata sulit dan ekstrim, ini saya juga baru pertama kali masuk ke lokasi, jadi belum tahu kondisi sebelumnya,” akunya.

Kepala Desa Lambanan Burhanuddin mengucapkan terima kasih atas derma yang dibawah para relawan itu. Sebab masyarakatnya, masih banyak membutuhkan bantuan logistik terlebih seluruh warganya tidak ada yang mengungsi.

“Bantuan ini akan dibagikan secara merata ke seluruh warga desa. Terima kasih rekan-rekan dari BSI, Wanadri, Ika Geo Unhas, dan JPG, saya berharap semoga ini menjadi pahala untuk mereka yang membantu kami,” pungkasnya. (*)