Hukum  

Ops Keselamatan Pallawa Serentak di Seluruh Indonesia Dimulai Hari Ini

Eksposindo.com | Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Luwu jajaran Polda Sulsel akan menggelar Operasi Keselamatan Pallawa yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 4-17 Maret 2024

Kapolres Luwu AKBP Arisandi melalui Kasat Lantas AKP Mahrus Ibrahim mengatakan tujuan pelaksanaan operasi serentak ini, untuk menciptakan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas).

Ada 11 sasaran khusus yang menjadi fokus penegakan hukum dalam Operasi Keselamatan 2024.

“Di antaranya menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara di bawah umur. Kemudian, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus, melebihi batas kecepatan,” jelasnya Minggu (3/3/2024).

Selanjutnya ada, Over Dimension Dan Overload, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm (SNI), pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt.

Selain itu, ada juga penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis (knalpot brong), kendaraan yang menggunakan lampu isyarat (strobo) dan isyarat bunyi (sirine), kendaraan yang menggunakan plat nomor khusus atau rahasia.

Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Pallawa 2024, kami akan mengedepankan Preemtif dan Preventif dan AKP Mahrus menekankan nantinya seluruh pelanggaran tersebut akan ditindak oleh petugas.

Olehnya itu diimbau para pengendara untuk selalu menaati peraturan dan rambu lalu lintas untuk keselamatan berlalulintas guna terwujudnya indonesia maju.

“Dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi surat-surat berkendara,” tambah dia.

Dia berharap agar operasi Keselamatan Pallawa 2024 diharapkan mampu menumbuhkan budaya tertib berlalulintas.

Serta menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Luwu.