Olahraga

Ketua Panitia Bupati Luwu Cup II : Kepemimpinan Basmin Mattayang Mampu Membina dan Memajukan Sepakbola Sejak Dini

×

Ketua Panitia Bupati Luwu Cup II : Kepemimpinan Basmin Mattayang Mampu Membina dan Memajukan Sepakbola Sejak Dini

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Turnamen Sepak Bola Bupati Luwu Cup II 2023 ini diikuti 21 Tim dari 22 kecamatan, yang akan memperebutkan Piala Bergilir Bupati Luwu dengan total hadiah 150.000.000.

Ketua Panitia Achmad Hakim dalam sambutannya menyampaikan, selama kepemimpinan Bupati Luwu Basmin Mattayang, Sepakbola di Kabupaten Luwu berkembang dengan pesat.

“Kurang lebih 5 tahun kepemimpinan Bupati Luwu saat ini perkembangan Sepakbola di Luwu ini sangat maju, ditandai dengan prestasi sepakbola Luwu yang sudah bisa tembus ke tingkat nasional bahkan Internasional” ucap Achmad Hakim yang juga saat ini menjabat sebagai Pelatih LSS.

Achmad menyampaikan, 6 bulan setelah Basmin Mattayang dilantik, sudah berdiri Luwu Soccer Club (LSS), dan setelah berkembang dan sampai saat ini sudah ada 12 sekolah Sepakbola yang ada di Luwu yang tersebar mulai dari ujung Selatan sampai ujung Utara Kabupaten Luwu.

Selain itu kata Achmad, di periode Basmin Mattayang ini Kabupaten Luwu juga menjadi tuan rumah Pra Porprov Sepakbola yang kemudian meloloskan Kesebelasan Askab PSSI Luwu menuju Porprov, setelah 15 tahun tidak pernah lolos di ajang yang sama.

“Bupati Luwu sangat konsisten dalam mengembangkan Sepakbola sejak usia dini, akibat pembinaan usia dini tersebut, LSS kini punya banyak prestasi. LSS kini bisa tembus di ajang nasional maupun internasional.

“Baru-baru ini Bupati Luwu melepas Kesebelasan Luwu Soccer Club (LSS) menuju ke Singapura mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Singa Cup, setelah LSS jadi juara nasional” ucapnya.

“LSS kini bisa mewakili Indonesia, mewakili Kabupaten Luwu dan mewakili rakyat Luwu diajang internasional, itu salah satu bukti dan prestasi tertinggi Sepakbola usia dini saat ini di Kabupaten Luwu, semua itu tidak terlepas dari campur tangan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Bupati Luwu dan ASKAB PSSI Luwu” sambung Achmad.

Setelah LSS mewakili Indonesai di Singa Cup Singapura kata Achmad, LSS juga akan mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional dimana yang juara nantinya akan mewakili Indonesia si Swedia.

“Selain membina Atlitnya, Bupati Luwu Basmin Mattayang juga memperhatikan fasilitas lapangan Sepakbola, itu ditandai dengan melakukan pembenahan dan perbaikan Lapangan Sepakbola di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Luwu ini” ungkap Achmad.

Diakhir laporannya, Achmad berharap kedepannya Sepakbola di Kabupaten Luwu ini semakin maju dan berkembang.

“Semoga pemimpin-pemimpin di Kabupaten Luwu kedepannya bisa mengikuti jejak Bupati Luwu kita saat ini, memajukan dan mengembangkan olahraga khususnya Sepakbola” tutup Achmad.

Dalam kegiatan itu Open Ceremony, turut juga dihadiri Ketua TP Penggerak PKK Hj. Hayarna Hakim, Ketua Askab Luwu H. A. Ahkam Basmin Mattayang, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Rusli Sunari, Kapolres Luwu AKBP Arisandi S.H S.I.K M.Si, Kepala Dandim 1403/Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro Priyanbodo. Forkopimda Lainnya, Sejumlah Kepala OPD, Direktur RS Batara Guru, Camat dan Lurah/Desa Se-Kabupaten Luwu. (*)