Pemdes Langkidi Bimtek Sekaligus Soft Launching Sistem Informasi & Layanan Desa Digital OpenSID

  • Bagikan

Eksposindo.com |  Pemerintah Desa Langkidi Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu hari ini melaksanakan kegiatan Bimtek Pengelolaan SID Digital OpenSID bekerjasama dengan PT Adua Empat Business Center (Mitra Resmi OpenSID Luwu) dan Komunitas Smart Village OpenSID Luwu sekaligus Soft Launching Sistem Informasi Dan Pelayanan Desa Terpadu Berbasis Digital dikantor Desa Langkidi.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Kepala Desa Langkidi Muslim, S.Pi beserta aparat Desa, Tenaga Ahli P3MD Kab. Luwu Ibu Hj. Darwisa, perwakilan Pemerintah Desa sekitar serta Narasumber Bapak Aziz Aripuddin (CEO PT A24BC / Ketua Komunitas ForSID Smart Village OpenSID Luwu).

Dalam sambutan pembukaan Bimtek ini, Kepala Desa Langkidi mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari bentuk pelayanan prima kepada Warga desa Langkidi sekaligus bagian dari upaya Keterbukaan Informasi Publik Desa setelah Pemerintah Desa Langkidi menjadi bagian dari Desa Cerdas di Luwu yang ditetapkan oleh Kementerian Desa & Pembangunan Daerah Tertinggal RI beberapa waktu yang lalu.

Beliau juga sangat berterima kasih kepada Tim PT A24BC dan Komunitas OpenSID Luwu yang begitu konsisten mendampingi Pemerintah Desa Langkidi mewujudkan program ini sehingga bisa terwujud didesanya.

Dalam Bimtek ini, Aziz memberikan paparan mengenai kenapa Desa sudah harus punya Sistem Informasi Desa berbasis Digital, pengenalan fitur-fitur yang ada di OpenSID serta penggunaan aplikasi pelayanan seperti pembuatan surat yang kurang dari 3 menit sudah jadi, penggunan fitur Pengaduan Online Warga sampai dengan Aplikasi PBB, Stunting dan Lapak Desa Digital.

Setelah itu, para peserta kegiatan beserta tamu diajak oleh Pemerintah Desa Langkidi untuk ikut dalam kegiatan Soft Launching Anjungan Layanan Mandiri, Sistem Informasi & Pelayanan Terpadu Desa berbasis Digital di ruang pelayanan kantor Desa Langkidi.

Tenaga Ahli P3MD Luwu Ibu Hj. Darwisa mengatakan sangat terkesan dengan Inovasi dari Pemdes Langkidi ini bahkan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam mewujudkan pelayanan terbaik di desa. (*)

  • Bagikan