RSUD Batara Guru Belopa Turut Kampanyekan Pekan ASI Sedunia

  • Bagikan

Eksposindo.com | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru Belopa Kabupaten Luwu peringati Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia 1 – 7 Agustus 2022.

Direktur RSUD Batara Guru Belopa, dr. Daud Mustakim menyampaikan bahwa, peringatan ini adalah kampanye global untuk meningkatkan kesadaran dan membentuk aksi pada tema-tema yang berkaitan dengan menyusui

Hari ASI Sedunia akan berlangsung selama sepekan atau dikenal dengan World Breastfeeding Week (WBW) atau Pekan ASI Sedunia yang diperingati pada tanggal 1-7 Agustus.

Di Indonesia sendiri, Pekan Hari ASI Sedunia dikoordinasi oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang didirikan pada Mei 2007 lalu.

Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia dimulai pada tahun 1992 untuk meningkatkan kesadaran warga dunia dan dukungan terhadap menyusui serta manfaat yang terkandung dalam ASI itu sendiri.

“Manfaat ASI yang diberikan kepada anak, dapat mencegah berbagai penyakit kronis yang kemungkinan akan dialami di masa depan” ucap Daud Mustakim.

Daud Mustakim juga menjelaskan  bahwa menyusui juga tidak hanya bermanfaat bagi bayi. Ibu yang memberikan ASI kepada buah hatinya, juga mendapatkan manfaat yang sama.

Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan menyusui ;

1. Diabetes, menyusui dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2, Hal ini karena anak-anak yang menerima ASI, cenderung tidak mengalami obesitas di kemudian hari, yang jadi salah satu faktor penyebab diabetes.

2. Alergi dan eksim, Anak-anak yang mendapatkan ASI dari ibunya, mempunyai kemungkinan yang kecil untuk mengalami alergi dan eksim. Berbeda dengan anak yang diberikan susu formula, karena protein dalam susu tersebut baik dari sapi maupun kedelai, dapat menstimulasi reaksi alergi. Sedangkan, protein yang ada di dalam susu manusia atau ASI, lebih mudah dicerna.

3. Melindungi dari infeksi virus, ASI dapat melindungi anak dari infeksi virus yang menyebabkan gastroenteritis, infeksi telinga, dan gangguan saluran pernapasan. Ini karena ASI mengandung antibodi yang melindungi sang buah hati ketika meminumnya sejak lahir.

4. Mengurangi risiko kanker, Ibu yang menyusui risiko terkena kanker payudara ataupun kanker ovarium lebih kecil, dibandingkan yang tidak memberikan ASI.

5. Mencegah depresi, Depresi postpartum (PPD) adalah jenis depresi yang seringkali terjadi ketika seorang ibu baru melahirkan. Wanita yang menyusui, memiliki risiko lebih kecil mengalami kondisi ini, dibandingkan dengan ibu yang menyapih lebih awal atau tidak menyusui sama sekali.

  • Bagikan