Bupati Luwu Ingatkan Kades, Bansos Bukan Hanya Untuk Keluarga Dekat Atau Pendukung

  • Bagikan

Eksposindo.com | Sebanyak 90 orang Kepala Desa (Kades) terpilih pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji kades masa jabatan 2022-2028 dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu, Rabu (11/5/2022)

Pelantikan dihadiri oleh Anggota DPRD Luwu yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Apdesi Luwu, Andi Muhammad Arfan Basmin, Sekda Luwu, H Sulaiman, unsur Forkopimda, para Kepala OPD dan Camat

Setelah melantik dan membacakan sumpah/janji yang diikuti pula oleh 90 kades terpilih, Bupati kemudian memasangkan tanda jabatan kepada para kades.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu menyampaikan ucapan selamat kepada kades terpilih dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam pelaksanaan pilkades serentak 24 Maret 2022 lalu hingga berjalan dengan lancar, tertib dan aman

“Selamat kepada kades yang baru saja dilantik, semoga dapat menjalankan amanah dari masyarakat dengan baik dan bertanggung jawab,” ucap H Basmin Mattayang

Bupati juga mengingatkan, setelah pelantikan kades, tidak boleh lagi ada kelompok-kelompok dalam masyarakat, tidak boleh ada tendensi dan sentimen kepada masyarakat yang bukan pendukung.

“Kepada para kades, setelah kembali ke desanya masing-masing agar merangkul masyarakatnya, tidak boleh lagi ada kelompok-kelompok, ajak para pendukung dan bukan pendukung untuk berbaur menguatkan persatuan dan kesatuan membangun desa,” ujar H Basmin Mattayang.

Bupati Luwu juga meminta kepada seluruh kades terpilih agar tidak memelihara sentimen efek Piilkades.

“Usai Pilkades sudah tidak ada lagi perbedaan semuanya menjadi satu,  jangan sampai ada permusuhan antara calon maupun pendukung” ungkap Basmin.

Basmin juga mengimbau kepada Kades terpilih agar jangan sampai memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi atau untuk menekan elemen masyarakat yang tidak berpihak kepadanya saat Pilkades.

“Seperti Bantuan Sosial yang masuk ke desa, jangan sampai kepala desa memanfaatkan bantuan sosial ini untuk menekan elemen masyarakat yang tidak berpihak kepadanya saat Pilkades” ucapnya.

Basmin berharap agar Kepala Desa benar-benar memberikan bantuan seperti BLT dan atau Bansos lainnya kepada warga yang betul-betul membutuhkan, bukan hanya diberikan kepada keluarga terdekat atau pendukungnya saja saat pilkades.

Bupati dua periode itu menekankan agar dalam melaksanakan tugasnya kepala desa harus profesional dan penuh tanggung jawab. (*)

  • Bagikan