Luwu Dapatkan Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan Lingkungan Swastisaba Wistara

Eksposindo.com | Kabupaten Luwu menerima piagam penghargaan tertinggi bidang kesehatan lingkungan Swastisaba Wistara di Gedung Adyathma Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada Senin (6/12) kemarin.

Piagam penghargaan tertinggi bidang kesehatan lingkungan Swastisaba Wistara.
Secara simbolis, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, drg Kartini Rustandi, M.Kes yang mewakili Menteri Kesehatan serta Direktur Kesling drg. R. Vensya Sitihang, M.Epid, kepada Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Hayarna Basmin didampingi Kadis Kesehatan Kabupaten Luwu, Rosnawari Basir, beserta tim Forum KKS Luwu.

Dalam sambutannya, Kartini berterima kasih kepada Kabupaten dan kota karena telah menyelenggarakan kabupaten kota sehat di wilayahnya dan berhasil mengggerakkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami mengucapkan trimakasih kepada Kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan kabupaten/kota sehat di wilayahnya masing-masing. Ini adalah upaya menggerakkan masyatakat untuk hidup sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, di acara yang sama, Ketua Forum Kabupaten Sehat Luwu, Hj. Hayarna Hakim, menyampaikan bahwa penghargaan tertinggi ini baru pertama kali diperoleh di Kabupate Luwu sejak indonesia merdeka.

Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Hayarna Basmin menerima piagam penghargaan tertinggi bidang kesehatan lingkungan Swastisaba Wistara.

“Keberhasilan tersebut berkat kerja keras dan upaya seluruh masyarakat Kabupaten Luwu serta koordinasi dan pembinaan dari forum KKS Luwu,” kata Hayarna.

Lanjut ia berharap kedepannya, Luwu akan terus melakukan upaya-upaya dalam mendorong masyarakat serta menggerakkan masyarakat dalam melaksanakan hidup bersih dan sehat, serta tetap mempertahankan predikat Swasti Saba Wistara yang telah diraih dengan terus melakukan pembinaan kepada setiap tatanan kabupaten sehat dan terus melakukan inovasi inovasi demi terwujudnya Kabupaten Luwu sehat.

Untuk diketahui, Swasti Saba Wistara, merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian yaitu permukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat, sehingga menjadi prestasi besar bagi kabupaten/kota yang berhasil menyandang predikat tersebut. (*)