Jatah Pupuk di Luwu Berkurang, DPRD Luwu RDP Dengan Dinas Terkait

  • Bagikan

Eksposindo.com — DPRD Luwu menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait berkurangnya jatah pupuk subsidi yang diperuntukkan ke kelompok tani di Luwu.

RDP yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Luwu, Zulkifli ini berlangsung di ruang musyawarah DPRD Luwu, Senin 26 Juli 2021.

Zulkifli mengatakan, RDP ini guna mencari solusi dan penyebab dari berkurangnya jatah pupuk subsidi yang selama ini dikeluhkan oleh petani sawah maupun petani kebun.

“Hampir semua petani mengeluhkan kurangnya jatah pupuk subsidi, bahkan ada beberapa kelompok tani di Luwu yang tidak mendapatkan jatah pupuk tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Komisi II, Wahyu Napeng (WN) yang hadir di RDP tersebut mengatakan kalau sebetulnya pupuk tidak langka namun jatah pupuk yang di Luwu berkurang.

“Untuk saat ini, bagi setiap anggota kelompok tani, dia hanya bisa  mendapatkan 1 zak pupuk bersubsidi untuk 1 hektar sawah” ucap WN.

Selain itu, kata Wahyu Napeng, masih ada kelompok tani yang sama sekali tidak mendapatkan pupuk padahal nama kelompok tani mereka terdata sebagai penerima bantuan pupuk. Hal ini terjadi karena data yang kurang valid baik itu dari Dinas Pertanian maupun dari Dinas Kependudukan.

“Dinas Pertanian maupun Dinas Kependudukan juga mengakui adanya data yang tidak sinkron tersebut” ungkapnya.

WN menjelaskan kalau tidak validnya data tersebut diakibatkan  masih ada nama yang terdaftar di Dinas Pertanian sebagai penerima, namun orangnya sudah tidak ada, bahkan ada beberapa yang belum menggunakan E-KTP dan beberapa kelompok tani yang lainya sudah tidak layak untuk diberikan bantuan namun masih menerima bantuan.

Atas dasar tersebut DPRD Luwu meminta dengan tegas kepada Dinas Pertanian agar melakukan evaluasi dan singkronisasi terhadap data yang dimiliki serta memperbaharuinya agar jatah pupuk di Luwu bisa bertambah dan kebutuhan pupuk subsidi bagi petani bisa terpenuhi.

Baca Juga  Kundapil DPRD Provinsi Sulsel, Kades Harap Fadriaty Senantiasa Berjuang Untuk Rakyat

Diketahui peserta yang hadir dalam RDP tersebut yakni, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Kependudukan, serta kepala BPP se Kabupaten Luwu. (*)

  • Bagikan