Bisnis  

ABM Harap Prodak UMKM di Desa Bisa Ditampung dan Dipasarkan di IKM Barambing

Eksposindo.com — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu gelar Talk Show dengan tema Mendorong Kreatifitas Pemerintah Desa Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

Talk Show yang digelar Sabtu 20 Maret 2021 di Sentra IKM Barambing Kecamatan Suli Kabupaten Luwu ini menghadirkan Ketua KNPI Sulsel Arham Basmin Mattayang (ABM) sebagai salah satu narasumber.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Apdesi Sulsel, beberapa kepala OPD, Camat, Ketua Apdesi Kab. Luwu, para Kepala Desa, Mahasiswa, serta tokoh masyarakat ini, ABM mengungkapkan kalau dampak pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan oleh warga.

“Sudah setahun lebih kita berhadapan dengan pandemi,  berbagai cara juga sudah dilakukan pemerintah demi untuk memutus mata rantai pandemi ini, itu semua dilakukan tak lain dan tak bukan demi untuk menghindarkan penyakit tersebut dari masyarakat” ucap ABM yang juga Wakil Ketua MPO Pemuda Pancasila Luwu itu.

Selain itu ABM juga mengungkapkan kalau ditengah pandemi ini pemerintah juga selalu berupaya agar perekonomian bisa cepat pulih kembali dan salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah yakni dengan membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional ini pemerintah Desa punya peran yang sangat penting untuk memulihkan perekonomian,  banyak potensi di Kabupaten Luwu ini yang ada di desa bisa dikembangkan baik itu sektor pariwisata maupun potensi daerah lainnya seperti pertanian dan  UMKM” ucap ABM.

ABM juga menambahkan, namun semua itu juga pemerintah daerah sangat diharapkan memberikan dukungan penuh agar semua potensi daerah yang ada di desa bisa berkembang dengan baik.

“Desa-desa harus adaptif, responsif dan kolaboratif, jadi kepala desa harus buka diri agar bisa mengembangkan potensi yang ada di desanya” ungkap ABM.

ABM juga berharap agar pemerintah Desa bisa memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM di Desa sehingga prodak-prodak yang mereka hasilkan bisa ditampung dan dipasarkan di IKM Barambing ini sebagai prodak unggulan di kab. Luwu.

Talk Show ini juga menghadirkan Narasumber Kepala Kejaksaan Negeri Luwu yang sekaligus Ketua Satgas PEN, Erny Veronika Maramba, Influencer, Creatif Preanur, Rijal Djamal. (*)