Banner 728x250
PILKADA

Kaban Kesbangpol Palopo Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada 2024

×

Kaban Kesbangpol Palopo Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Palopo, Drs. Hasta Bulu, M.Si mewakili Pj. Wali Kota Palopo menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan Kodim 1403/Palopo di Lapangan Gaspa, Rabu (07/08/2024).

Dandim 1403/Palopo, Letkol Arm. Kabit Bintoro Priyambodo, S.IP, menyampaikan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini untuk melihat langsung kesiapan pasukan TNI yang akan ditugaskan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada.

“Apel ini untuk melihat kesiapan pasukan di lapangan pada tanggal 27 November 2024. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar,” kata Kabit Bintoro.

Baca Juga:  Dinas Perdagangan Kota Palopo Gelar Pasar Murah

Kabit Bintoro menambahkan, aparat TNI harus memahami pelaksanaan Pilkada serentak di mana potensi ancaman dan kerawanan yang cukup tinggi, baik menjelang, selama, dan pasca Pilkada.

“Di mana hal tersebut dapat dipicu oleh beberapa ulah oknum atau kelompok tertentu yang cenderung memanfaatkan situasi yang berkembang, untuk memperjuangkan kepentingannya tanpa mempertimbangkan aspek keamanan. Hal ini dapat menghambat kelancaran keamanan Pilkada yang akan digelar,” katanya.

Kabit Bintoro berharap, pada saat pendaftaran para calon sebagai awal proses Pilkada nanti, bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

Baca Juga:  ABM Calon Bupati Luwu Pertama Yang  Kantongi Rekomendasi Partai dan Tetapkan Calon Wakilnya

“Harapan kita bersama semoga ini bisa menjadi indikasi yang baik bagi proses tahapan berikutnya. Untuk menjaga situasi agar tetap kondusif, maka diperlukan kesiapsiagaan dari aparat TNI guna mengawal penyelenggaraan Pilkada tersebut,” ujarnya.

Hal itu, kata Kabit Bintoro, dapat dicapai melalui suatu perencanaan yang cermat, agar pelaksanaan Pilkada nantinya dapat terlaksana tanpa hambatan.

“Jika hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka berbagai macam ancaman atau gangguan keamanan yang akan muncul, dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Untuk itu, kata Kabit Bintoro lebih lanjut, segala kegiatan teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pengamanan selama kegiatan Pilkada berlangsung, hendaknya dikoordinasikan sebaik-baiknya dengan berbagai pihak sehingga langkah-langkah yang dilakukan selama pelaksanaan Pilkada senantiasa berada pada koridor yang benar.

Baca Juga:  Kadis Pendidikan Palopo Hadiri Wisuda  Universitas Cokroaminoto Palopo

“Laksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku dan adakan monitoring terhadap perkembangan situasi secara terus-menerus baik sebelum, selama, maupun setelah pelaksanaan Pilkada,” tegasnya.

Adapun pemeriksaan pasukan dan peralatan secara langsung dipimpin oleh Dandim 1403/Palopo, Letkol Arm. Kabit Bintoro.

Turut hadir Kasatpol PP Luwu Timur, Kepala Staf Kodim1403/Palopo, Danramil jajaran Kodim 1403/Palopo, Perwira staf Kodim 1403/Palopo, dan seluruh Prajurit Kodim 1403/Palopo.