Banner 728x250
Aneka

Bawaslu Luwu Ajak Masyarakat Ambil Bagian Dalam Pengawasan Partisipatif

×

Bawaslu Luwu Ajak Masyarakat Ambil Bagian Dalam Pengawasan Partisipatif

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Bawaslu Kabupaten Luwu, menggelar Kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama tokoh masyarakat yang diselenggarakan, di Cafe Bosku, Belopa, 19/08/2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Irpan.SH.,MH  dalam Sambutanya menyampaikan Bahwa  kegiatan untuk melibat peran Masyarakat  untuk dapat berpartisipasi dalam pengawasan pada tahapan proses pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Sebab dengan keterbatasan personil SDM yang ada, terutama di tingkat bawah.

” Tokoh masyarakat Bagaimana untuk bisa menjadi bagian dari pengawasan partisipatif  ini, tentu ini akan membantu teman- teman penyelenggara  tingkat Bawah (Panwascam dan Pkd) dalam hal melakukan pengawasan dalam. Agar proses pemilihan kepala daerah nantinya  berjalan dengan damai” ujarnya

Baca Juga:  PT Masmindo Bantu 100 Bibit Pohon Pada Program Hutan Sekolah SMAN 7 Luwu

Lebih Lanjut Irpan berharap agar masyarakat dapat membantu pengawasan pada pilkada di Kabupaten Luwu.

” Sama-Sama ki membantu kami  dalam hal  pengawasan dan memberikan ruang edukasi terhadap masyarakat, sebab pengawasan kami SDM terbatas” tutupnya.

Sementara Dr. Abdul Malik  Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi-Selatan, Koordiv Penangan Pelanggaran mengatakan bahwa  Bawaslu mengajak masyarakat untuk  dapat berkolaborasi dalam pengawasan.

Ia mencontohkan  dalam pemutahiran Data Pemilih masyarakat yang belum terdaftar dapat melaporkan ke posko aduan di Bawaslu. 

Turut hadir  Dr. Bachtiar Baetal, SH.MH., sebagai Kordinator Tenaga Ahli Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Republik Indonesia,dalam Sambutannya sekaligus membuka acara pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Kita butuh partisipasi dari publik untuk sama mengawasi, sebab spectrum pada pada pilkada lebih Rawan  ketimbang pemilu, kemudian ia menyampaikan 4 hal pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 yakni 

Baca Juga:  Tokoh Pemuda Luwu Apresiasi Pemdes Kasiwiang Yang Perhatikan Keselamatan Pengguna Jalan

1. Politik Identitas

2. Politik kekerasan

3. Money politik 

4. Politik intimidasi 

Adapun Peserta pada kegiatan ini, adalah tokoh masyarakat, Fatayat NU,KAHMI, HMI, BKPRMI.