Banner 728x250
Aneka

Jelang Hari Raya Idhul Fitri, Operasi Ketupat 2024 Melibatkan 182 Personel Gabungan

×

Jelang Hari Raya Idhul Fitri, Operasi Ketupat 2024 Melibatkan 182 Personel Gabungan

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Penjabat (Pj) Bupati, Muh. Saleh didampingi oleh Kapolres AKBP Arisandi melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di lapangan Maplres Luwu, Rabu (03/04/2024). 

Pada kesempatan itu, Muh. Saleh mengatakan, operasi ketupat tahun 2024 kali ini Polres Luwu akan mendirikan 4 pos.

“Empat pos ini terdiri dari 1 pos pelayanan di lokasi Sentra IKM Barambing Kecamatan Suli, 2 pos pengamanan di wilayah Kecamatan Ponrag dan Walenrang, serta 1 pos terpadu di Bandara I Lagaligo Kecamatan Bua,” kata Pj Bupati Luwu. 

Sementara Kapolres Luwu, AKBP Arisandi mengungkapkan, Operasi Ketupat tahun 2024 ini melibatkan sebanyak 182 orang personel gabungan. 

Baca Juga:  Pemdes Langkidi Diundang Terima Penghargaan Anugerah Lomba KIP Tahun 2023 di Makassar

“182 personel gabungan dilibatkan dalam operasi ketupat tahunini dan akan disebar di empat pos yang sudah ditentukan,” katanya. 

Agar mudik menjadi aman, ceria, dan penuh makna lanjut Arisandi, juga menghimbau kepada masyarakat yang meninggalkan rumah agar memastikan pagar, pintu serta jendela sudah dalam keadaan aman dan terkunci dengan baik. 

“Selain itu, alat masak dan kelistrikan yang berpotensi memicu terjadinya kebarakan juga dalam keadaan aman. Menghindari penempatan barang berharga secara aye catching yang juga dapat menimbulkan niat dari pelaku kejahatan,” ucapnya. 

Baca Juga:  Rakor MTQ Ke - 31, Pendaftaran Peserta Dibuka 24 Februari 2020

“Melaporkan kepada ketua RT/RW atau Bhabinkamtibmas setempat agar menjadi perhatian petugas keamanan dalam melaksanakan patrol, jika diperlukan melengkapi keamanan rumah dengan CCTV atau kamera pengawas,” tambah Kapolres Luwu. 

Sedangkan untuk pengguna kendaraan bermotor di saat mudik, Kapolres Luwu menyampaikan beberapa tips mudik amandengan kendaraan. 

“Mengecek kendaraan seperti lampu, rem, ban dan lainnya, memperhatikan kecukupan BBM, menyediakan makan dan minum yang cukup selama diperjalanan, menyediakan kotak P3K dan obat-obatan yang diperlukan, mengurangi pemakaian perhiasan yang berlebihan, barang bawaan yang tidak melebihi batas, baik penumpang, uang tunai dan saldo e-toll yang cukup,” katanya. 

Baca Juga:  Putusan AHU Kemenkumham Tegaskan Zainal Abidin Sah Pimpin PT CLM

Apel gelar pasukan tersebut ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan tanda pita operasi kepada perwakilan peserta apel yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Dishub, SatpolPP, Senkom, Damkar, BPBD serta tenaga medis. 

Turut hadir dalam apel gelar pasukan yaitu Wakapolres Luwu Kompol La Makkanenneng, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Rusli Sunali, Ketua Pengadilan Negeri Belopa Andi Adha, Kasi Intel Kajari Luwu Andi Ardiaman, Pabung Kodim 1403/PalopoMayor Kav. Suparman, serta para Kepala OPD lingkup pemerintah Kabupaten, para pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Luwu. (*)