Banner 728x250
Olahraga

Profil Zulkifli Syukur, Mantan Timnas Indonesia Yang Merumput di Kapolres Cup III Luwu

×

Profil Zulkifli Syukur, Mantan Timnas Indonesia Yang Merumput di Kapolres Cup III Luwu

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Turnamen Kapolres Cup III Luwu 2023 mampu menghadirkan pemain-pemain profesional yang membuat ajang ini  menjadi bergengsi.

Kehadiran pemain-pemain ternama yang mengisi club-club peserta Kapolres  Cup IIi membuat kejuaraan ini menjadi level tertinggi di Kabupaten Luwu tahun ini.

Bukan hanya hanya pemain Liga 1 Indonesia namun juga hadir mantan pemain-pemain Tim Nasional Indonesia.

Selain SDR Luwu Utara yang menghadirkan bomber mantan Timnas Indonesia di Sea Games, Kahar Kalu Muzakkar, CTI Temboe FC juga memiliki Mantan Timnas Indonesia, Zulkifli Syukur.

Di laga perdananya membela CTI Temboe FC, Zulkifli Syukur bersama timnya mengalahkan lawannya Pangi Raya FC dengan skor 2 – 1

Setelah kemarin kita membahas Striker SDR Luwu Utara, kali ini kita akan membahas Bek Kanan dari CTI Temboe FC, Zulkifli Syukur.

Baca Juga:  BFC Tanamanai Melenggang ke Final Setelah Tumbangkan Club Raksasa CTI Temboe

Zulkifli Syukur mengawali karier di PSM Makassar Junior. Diusia yang sangat muda, Zulkifli bisa menembus tim PSM U-18 dan PSM penyangga.

Tim PSM Makassar penyangga itu semacam tim cadangan. Tim tersebut berisi pemain muda yang nantinya bisa dipromosikan ke tim senior Juku Eja.

Ia menghabiskan mayoritas kariernya di tim lain di luar Makassar. Dari Persmin Minahasa, PKT Bontang, Arema Indonesia, Persib Bandung, Mitra Kukar, dan Borneo FC pernah diperkuat Zulkifli Syukur.

Pria kelahiran Makassar 3 Mei 1984 itu bahkan sempat menjadi juara Liga Super Indonesia 2009/2010 bersama Arema Indonesia.

Baca Juga:  Kapolres Luwu Cup III, Bilante FC Vs Lamanuk FC Imbang, SDR FC Lutra Kalahkan Pangi Raya FC

Sayangnya, gelar liga serupa tak bisa dipersembahkan Zulkifli bersama PSM Makassar. 

Pemain asli Makassar bernomor punggung 3 ini diketahui kembali ke kota kelahirannya untuk memperkuat Juku Eja di tahun 2017.

Satu-satunya gelar yang diberikan Zulkifli untuk PSM Makassar terjadi di tahun 2019 lalu. Ia turut membawa Juku Eja meraih gelar Piala Indonesia.

Selama lebih dari 20 tahun berkarir di dunia sepak bola, sejumlah prestasi di raih Zulkifli Syukur. Ketika membela Arema Malang, juara Liga Super Indonesia diraih di musim 2009-2010.

Kemudian bersama PSM Makassar meraih juara Piala Indonesia tahun 2018. Tak hanya itu, Zulkifli telah memperkuat tim nasional U-23 pada tahun 2006 hingga 2007.

Baca Juga:  Kapolres Cup III Luwu, Babak 8 Besar, Praja Wibawa Melenggang ke Semifinal, Persipare Angkat Koper

Debut dengan Timnas Indonesia senior dijalani pada 1 Desember 2010. Kala itu Indonesia berhasil kalahkan Malaysia dengan skor 5-1  di laga pembuka Piala AFF.

Semenjak itu, nama Zulkifli Syukur rutin mengisi pos bek kanan tim Garuda di berbagai ajang dan pertandingan.

Pada 2014, Zulkifli Syukur pensiun dari sepak bola internasional.

Tercatat ia masuk ke skuad timnas Indonesia di berbagai kompetisi dan ajang semacam kualifikasi Piala Asia, Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia.

Zulkifli kini berstatus tanpa klub. Belakangan ia sudah memulai kursus kepelatihan. Meski ia juga belum memutuskan gantung sepatu secara resmi sebagai pemain profesional. (*)