Banner 728x250
Pendidikan

Kadis Pendidikan Palopo Hadiri Wisuda  Universitas Cokroaminoto Palopo

×

Kadis Pendidikan Palopo Hadiri Wisuda  Universitas Cokroaminoto Palopo

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Kepala Dinas  Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP., mewakili Pj. Wali Kota menghadiri wisuda Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Palopo periode II tahun 2024.

Kegiatan wisuda ini digelar di Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC) Kota Palopo. Sabtu (03/08/2024).

Rektor UNCP Palopo, Rahman Hairuddin SP MSi, dalam sambutannya, menyampaikan, wisudawan yang dikukuhkan terdiri dari 135 orang sarjana pendidikan, 93 orang sarjana pertanian, 25 orang sarjana sains, 158 orang sarjana computer, 5 orang magister pendidikan matematika.

“Dengan rata-rata IPK program sarjana, 3.80 dan rata-rata masa studi program sarjana, 4  tahun 3 bulan,” kata Rahman Hairuddin.

Dengan adanya kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), kata Rahman, yang diluncurkan pemerintah pada tahun 2020, UNCP terus berbenah dimulai dari kurikulum baru yang mendukung implementasi MBKM yang telah mulai diberlakukan untuk angkatan 2022. 

Baca Juga:  Miris, Sudah Berbulan-bulan Siswa SDN 356 Papakaju di Luwu Belajar di Teras Rumah Warga

“Kurikulum ini sangat adaptif dan fleksibel untuk mendukung implementasi MBKM. Selain kurikulum, UNCP juga telah memperbaharui sistem informasi akademik yang dapat memfasilitasi implementasi MBKM dan pelaporan PDDIKTI,” katanya.

Saat ini, lanjut Rahman, UNCP mulai angkatan 2024 rencananya akan diterapkan pembayaran UKT melalui virtual akun dengan bekerjasama dengan PT. SKI dan Bank Mitra. 

“Kami dari pihak pimpinan terus mendorong anak-anak kami para mahasiswa untuk terus mengembangkan kreativitas, inovasi, sehingga dapat terus meraih prestasi, untuk menunjang prestasi mahasiswa,” lanjutnya.

UNCP juga, jelas Rahman, terus berbenah untuk meningkatkan kualitas SDM di UNCP. “Saat ini UNCP memiliki dosen berkualifikasi doktor sebanyak 31 orang, 4 diantaranya memiliki jabatan fungsional Guru Besar atau Professor, Magister 109 orang, dan sementara menempuh pendidikan doktor sebanyak 7 orang,” jelasnya.

Baca Juga:  Pj Walikota Tutup Latsar Damkar Palopo

Rahman menambahkan, pihaknya juga telah merekomendasikan setidaknya 10 orang dosen menuju rektor kepala dan 2 orang dosen menuju jenjang jabatan fungsional guru besar.

“Sumber daya manusia yang dimiliki oleh UNCP ini merupakan kekuatan utama UNCP untuk menjadi universitas unggul, oleh sebab itu kami selalu mendorong dosen untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi,” tambahnya.

Sementara itu, sambutan Pj. Wali Kota Palopo yang diwakili Kadis Pendidikan, Asnita Darwis, S.STP., mengucapkan selamat kepada seluruh orang tua wisudawan.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang diraih ini. Tantangan berikutnya adalah melakukan pembuktian atas kompetensi akademik yang diperoleh, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin baik diri sendiri maupun orang lain,” kata Asnita Darwis.

Baca Juga:  Walikota Palopo Buka Bimtek di DPM PTSP Palopo

Kepada jajaran civitas akademika Universitas Cokroaminoto Palopo, kata Asnita, pihaknya mengucapkan terima kasih telah mendidik kader bangsa menjadi insan intelektual.

“Kita berharap Universitas Cokroaminoto Palopo bukan saja memiliki daya tarik, tetapi juga daya saing keunggulan dan keistimewaan dibanding dengan perguruan tinggi lainnya. Sehingga masyarakat memiliki alternatif utama tanpa harus membawa anak-anak mereka keluar Kota Palopo,” katanya.

“InsyaAllah Pemerintah Kota Palopo senantiasa berkomitmen membangun kemitraan dan kolaborasi dengan setiap perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan di kota ini, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala LL-DIKTI Wilayah IX Sultanbatara atau yang mewakili, unsur Forkopimda Kota Palopo, Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo, pimpinan perguruan tinggi se-Kota Palopo, serta orang tua dan para wisudawan.