Banner 728x250
Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Dinas Pendidikan Luwu Ciptakan Inovasi ‘Webku Berakhlak’

×

Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Dinas Pendidikan Luwu Ciptakan Inovasi ‘Webku Berakhlak’

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Dinas Pendidikan Luwu meluncurkan sebuah inovasi terbaru dalam dunia pendidikan. Inovasi itu bernama “Integrasi Webku Berakhlak”. Inovasi itu diciptakan Andi Padri Padelang Noor, S.Pd., M.Pd. Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XIII Tahun 2024 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Ia mengatakan, inovasi ini merupakan terobosan dalam dunia pendidikan, bagaimana  meningkatkan kualitas pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Melalui inovasi Website Komunikatif, Universal, Berorientasi Pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (Webku Berakhlak) ini, pelayanan di satuan pendidikan SD bisa saling terintegrasi.

“Dengan terintegrasinya website sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu dapat memberikan akses informasi mudah dan cepat tentang kegiatan akademik, kebijakan, serta laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan sekolah,” kata dia.

Baca Juga:  Hari Pertama Pelaksanaan PAT, 11 Sekolah Dasar Yang Terkena Dampak Banjir dan Longsor Terpaksa Ditunda

Selain itu, jelasnya, inovasi ini menjadi platform untuk berkomunikasi, menyediakan transparansi terhadap kegiatan sekolah dan sumber daya pembelajaran online. Bahwa inovasi ini kata dia, menghemat waktu dan biaya administratif. Juga memfasilitasi pengelolaan data yang efisien, serta memperkuat citra sekolah melalui publikasi prestasi siswa.

“Inovasi ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama orang tua, yang dapat lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka,” tandas Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan ini.

“Target dari aksi perubahan ini adalah terintegrasinya website Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu dengan website sekolah di 22 satuan pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Luwu yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” sambungannya.

Baca Juga:  Dua Kelompok Belajar Dari Smanem Palopo Lolos Tahap Basic Kihajar STEM, Wakili Wilayah XI Tingkat Provinsi Sulsel

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu Sulaiman mengapresiasi atas hadirnya aplikasi ini. Menurutnya aplikasi ini merupakan terobosan yang baik dalam dunia pendidikan yang dituntut transparasi.

“Karena memang kendala selama ini data-data yang dibutuhkan banyak keluhan, sehingga hadirnya inovasi ini, semoga bisa memberikan kemudahan stakeholder dan orang-orang yang berkepentingan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Luwu Andi Palanggi juga menyampaikan dukungannya atas inovasi tersebut. Menurutnya inovasi ini bisa menjadi solusi atas keluhan sekolah selama ini. “Kita mendukung dan mengapresiasi transformasi Inovasi WEBKU BerAKHLAK, sebagai solusi digitalisasi pelayanan publik,” jelasnya.

Senada itu, Nurauliah Hafid Widyaprada Ahli Madya Pembina 4B BBMP Sulsel juga mendukung rencana aksi perubahan yang digagas Andi Padelang Noor ini. 

Baca Juga:  Tidak Anggarkan Biaya O2SN, Dinas Pendidikan Luwu Dinilai Tak Berikan Perhatian Terhadap Pengembangan Bakat dan Prestasi Siswa

“Aplikasi ini ‘Integrasi Webku Berakhlak’ bisa meningkatkan pelayanan, mengoptimalkan prinsip akuntabilitas dan transparansi kebijakan pada satuan pendidikan khusus SD di Kabupaten Luwu,” katanya.

Sementara itu Ramahadi Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Luwu juga mendukung dan mengapresiasi inovasi Webku Berakhlak ini. Dia berharap melalui inovasi ini bisa mengoptimalkan prinsip akuntabilitas dan transparansi keuangan pada semua satuan pendidikan di Kabupaten Luwu. 

Sementara itu seluruh Korwil Se – Kabupaten Luwu kompak mengapresiasi inovasi yang digagas oleh Kepala Bidang Pembinaan SD. Mereka berharap Inovasi ini dapat lebih optimal. (*)