PILKADA

ABM Calon Bupati Luwu Pertama Yang  Kantongi Rekomendasi Partai dan Tetapkan Calon Wakilnya

×

ABM Calon Bupati Luwu Pertama Yang  Kantongi Rekomendasi Partai dan Tetapkan Calon Wakilnya

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak sudah dipastikan bakal dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Pada pesta demokrasi ini, diketahui sebanyak 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada termaksud Kabupaten Luwu, Minggu (02/06/2024).

Untuk Kabupaten Luwu sendiri, Pilkada ini akan diikuti tokoh politisi, masyarakat hingga purnawirawan TNI.

Beberapa figure yang telah menyatakan sikap hingga memasang Alat Peraga Kampanye (APK) maju pada Pilkada 2024 sebagai calon Bupati Luwu yaitu, Arham Basmin Mattayang (Ketua DPD Partai NasDem Luwu), Patahuddin (Ketua DPC Partai Golkar Luwu), Andi Mammang (anggota DPRD Luwu sekaligus Ketua Partai Gerindra), dan Wahyu Napeng (anggota DPRD Luwu terpilih PDIP).

Selain itu, ada pula Harbi Syam, Husmaruddin, Kol. Purn Agussalim, dan Buhari Kahar Muzakkar. 

Sementara untuk calon wakil Bupati Luwu, yaitu Rahmat (Kapten) Politisi dan sekaligus Anggota DPRD Luwu tiga periode yang juga menjabat sebagai Plt Ketua Partai Demokrat Luwu, Devy Bijak Pawindu, (Politisi Demokrat dan Anggota DPR RI), Erwin Barabba, (Politisi PDIP dan anggota DPRD Luwu), Amru Saher (Mantan Wabup Luwu), Hafida Rauf Basyuri (Mantan Anggota DPRD Luwu) dan terakhir Suparman (Caleg Terpilih PKB).

Dari sekian nama diatas, Arham Basmin Mattayang (ABM) pada 9 April 2024 lalu memantapkan sikap menggandeng Rahmat (Kapten) sebagai calon Wakil Bupati Luwu di pilkada nanti.

Terbaru, DPP Partai NasDem melalui rapat pleno yang digelar di Kantor Pusat NasDem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu 01 Juni kemarin memberikan rekomendasi partai kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu kepada ABM-Rahmat.

Atas rekomendasi itu, ABM-Rahmat jadi paslon pertama yang mendaptkan rekomendasi dari partai pengusung serta selangkah lebih unggul dari Cabup dan Cawabup lain yang akan bertarung di pilkada nanti. 

“Dalam mengusung calon bupati dan wakil bupati bukan hanya berdasarkan hasil survei yang tinggi, namun bagaimana pemahaman kandiddat dalam mengelolah pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat Luwu,” kata Ketua DPW NasDem Rusdi Masse Mappasessu usai rapat pleno DPP di Kantor Pusat NasDem Tower, Jakarta Pusat, kemarin.

Sementara untuk cabup dan cawabup lainnya, hingga kini belum mendapatkan rekomendasi dari partai pengusung, belum mengumumkan figur pendamping ataupun figure cabup, dan beberapa diantara cabup maupun cawabup tersebut belum memiliki partai politik sebagai persayaratan untuk maju bertarung di Pilkada serentak. (*)