Banner 728x250
Pemerintahan

Rapat Forum Komunikasi UCH, Pj BupatiLuwu Ungkap Peserta JKN-KIS di Kabupaten Luwu Sebanyak 319.509 Orang

×

Rapat Forum Komunikasi UCH, Pj BupatiLuwu Ungkap Peserta JKN-KIS di Kabupaten Luwu Sebanyak 319.509 Orang

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Pimpin rapat forum komunikasiUniversal Helath Coberage (UCH), Penjabat(Pj) Bupati Luwu, Muh. Saleh bahasimplementasi strategis pencapaian KabupatenLuwu Tahap 1 Tahun 2024, Selasa (02/04/2024). 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Luwumenyampaikan tujuan dari rapat tersebut untukmembangun kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkanKepesetaan Jaminan Kesehatan Nasional.

“Kami berharap BPJS Kesehatan dapatmemberikan layanan yang maksimal kepadamasyarakat yang membutuhkan pelayanankesehatan. Kami juga tidak ingin mendengarada masyarakat kami ada yang tidak ditangani, utamanya masyarakat miskin,” ucap Muh. Saleh. 

Baca Juga:  Penuhi Standar Kompetensi Manajeral, BKPSDM Luwu Gelar Latpim Jabatan Administrator

Untuk itu, Pj. Bupati memfokuskan kepadaOPD terkait untuk segera memvalidasi kembalidata kemiskinan ekstrim termasuk masyarakatyang semestinya mendapatkan JKN-KIS yang dibiayai pemerintah. 

“Berdasarkan Data BPJS Kesehatan Per 24 Maret 2024, sebanyak 319.509 atau sebesar83,92% dari jumlah penduduk Kabupaten Luwuyang menjadi peserta JKN-KIS,” ungkapnya. 

Dari jumlah penduduk, kata Muh. Saleh, 380.729 orang pada semester 2 tahun 2023, peserta NON JKN sebanyak 61.220 orang (16,08%). Target jumlah peserta jika UHC Non Cut Off sebabanyak 342.885 peserta, ataudiperlukan penambahan peserta sebanyak23.376 untuk meraih UHC. 

Baca Juga:  Hari Pertama Berkantor, Pemerintah Kabupaten Luwu Halal Bihalal

Rapat tersebuto dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo Daniar Hasyim Dahlan, Sekretaris Daerah Kab. Luwu, Sulaiman, Kepala Dinas Kesehatan Rosnawary, Kepala Bappelitbangda Moh. Arsal, KepalaDinas Sosial Hasliana Nurdin, Direktur RSUD Batara Guru dr. Daud Mustakim, dan Kadis Dukcapil, A. Darmawansyah. (*)