Pertahankan Gelar, Bupati Luwu Kembali Terima Penghargaan Swasti Saba Wistara

Eksposindo.com | Bupati Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang,M.Pd. menerima penghargaan Swasti Saba Wistara yang disaksikan Menteri Kordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan RI, Muhajir Efendi didampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan bergengsi di bidang kesehatan tersebut diserahkan pada Malam Anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award Tahun 2023

Kabupaten Luwu menjadi salah satu dari 27 Kabupaten/Kota se-Indonesia dan sebagai satu-satunya kabupaten di Luwu Raya yang meraih penghargaan tertinggi dibidang kesehatan tersebut. 

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/MENKES/2087/2023 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023, Kabupaten Luwu berhasil menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023.

Basmin Mattayang menyampaikan apresiasinya atas kinerja Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu yang bahu membahu mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Terima kasih atas kerja keras dan kolaborasinya, sehingga kita dapat membangun Kabupaten Luwu yang sehat hingga dianugerahi penghargaan Swasti Saba Wistara yang kedua berturut-turut,” ungkap Basmin.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Hakim, SH. M.Si yang turut mendampingi dalam penerimaan penghargaan tersebut menyatakan fokus dan kerjasama lintas sektor menjadi kunci pencapaian tersebut.

“Semoga penghargaan ini menambah motivasi dan semangat dalam mensejahterakan masyarakat Luwu melalui tata kelola pemerintahan dan pembangunan yang sehat,” kata Hayarna.

Perlu diketahui, terdapat tiga tingkatan Swasti Saba dalam penilaian Kota/Kabupaten Sehat yakni Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan yang tertinggi Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

Di Sulawesi Selatan, 7 Kabupaten yang menerima penghargaan Swasti Saba Wistara diantaranya Kabupaten Luwu, Soppeng, Barru, Sinjai, Bantaeng, Wajo, Pangkajene Kepulauan dan Kota Pare-Pare.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Luwu, dr. Rosnawary, M.Tr. Adm. Kes, mengungkapkan perasaan yang sangat gembira dan haru atas pencapaian tersebut, dimana sejak kepemimpinannya Kabupaten Luwu dapat meraih penghargaan tertinggi wistara ini.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Luwu serta Ibu Ketua Forum KKS, Dr. Hj. Hayarna Hakim, S.H.M.Si. atas kerja keras dan dukungan yang tak henti-hentinya mendampingi dan membina forum KKS,” ujar Rosnawary.

Rosnawary berharap seluruh elemen masyarakat senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan dan kesehatan pribadi, keluarga serta masyarakat.