Pemerintahan

Moment Haru Paripurna DPRD, Bupati Luwu Pamit, Anggota DPRD, Kepala OPD, Camat Hingga Kades Teteskan Air Mata

×

Moment Haru Paripurna DPRD, Bupati Luwu Pamit, Anggota DPRD, Kepala OPD, Camat Hingga Kades Teteskan Air Mata

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Pidato pengantar Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, pada persetujuan bersama terhadap Ranperda APBD Kabupaten Luwu tahun anggaran 2024, diwarnai tangis di ruang Paripurna DPRD Luwu, Jumat, (17/11/2023).

Setelah menyampaikan rancangan kondisi belanja dan pendapatan daerah Kabupaten Luwu tahun 2024, Bupati Luwu, Basmin Mattayang, pamit ke seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Luwu.

24 anggota DPRD Luwu yang menghadiri rapat paripurna tersebut, tertunduk mendengar kalimat demi kalimat yang disampaikan Basmin Mattayang.

Pimpinan dan anggota DPRD Luwu yang hadir, tak kuasa menyembunyikan kesedihan mereka mendengar pidato dan pernyataan pamit, Basmin Mattang, Bupati Luwu dua periode tersebut.

Bahkan, ketika turun podium, saat Bupati Luwu, langsung menyalami seluruh anggota DPRD yang hadir. Semua memeluk Basmin Mattayang, dengan mata yang berkaca-kaca dan meneteskan air mata.

Bukan hanya anggota DPRD Luwu, Kepala OPD yang hadir, para camat dan kepala desa serta puluhan Aparat Desa se Kabupten Luwu juga ikut meneteskan air mata. Mereka menyalami dan mencium tangan Bupati Luwu, sebagai bentuk penghormatan dan rasa cintanya akan sosok Basmin Mattayang.

Sebelum Basmin Mattayang, meninggalkan Kantor DPRD Luwu, seluruh yang hadir, menyempatkan foto bersama, di tangga Gedung Paripurna DPRD Luwu.

“Kali ini kelihatan kolaborasi yang baik, kebersamaan kita. Hari ini sangat berkesan di hati kita, karena baru kali ini terlihat paripurna yang begitu tertib dan nyaman. Kenanglah saya, hari ini kenangan indah buat saya, bahwa setelah saya tinggalkan panggung ini nanti, apa yang terjadi hari ini akan saya kenang dan saya kenang sepanjang masa,” ujarnya Basmin.

“Dan apa yang terjadi hari ini, semoga terjadi di masa yang akan datang. Saya sengaja undang para kepala desa dan camat, karena ingin memperlihatkan kedekatan antara eksekutif dan legislatif,” lanjut Basmin.

Disampaikan dihadapan para anggota DPRD, kepala OPD, para camat dan kepala desa, prestasi yang dirinya raih selama kepemimpinannya sebagai Bupati Luwu, bukan murni dari kerja-kerja dirinya bersama para pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, tetapi di dalamnya terdapat peran para anggota DPRD Luwu.

“Prestasi yang selama ini bukan murni dari eksekutif, di dalamnya ada peran utama legislatif dan atas prestasi itu sekali lagi saya ucapkan terimakasih. Paripurna hari ini adalah paripurna terakhir buat saya karena itu, izinkan saya menyampaikan permohonan maaf sedalam dalamnya. Di tempat ini saya pamit, kepada Pak Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota dewan,” ucap Basmin.

“Ijinkan saya pamit di hadapan kalian semua. Insya Allah, apa yang kita kenang selama ini saya akan kenang sebaik-baiknya. Saya titipkan harapan kepada adik-adik semua, para anggota dewan yang terhormat, mudah-mudah pada perhelatan politik yang akan datang, yang duduk hari ini, di tempat ini, disaksikan seluruh kepala desa yang hadir akan terpilih kembali,” tambah Basmin, yang diaminkan peserta paripurna.

Diakhir sambutannya, Bupati Luwu, tetap mengajak seluruh anggota DPRD dan pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, untuk membangun demokrasi di Luwu dan membangun Kabupaten Luwu dengan baik sehingga lahir pemimpin-pemimpin yang lebih baik ke depan.

“Impian kita semua dan harapan kita semua, di sini lahir sosok pemimpin untuk hari esok, untuk bangsa dan negara yang kita cintai. Terimakasih untuk kita semua, izinkan saya bermohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam. Tiada gading yang tak retak, tiada manusia yang tidak punya kesalahan, sekali lagi izinkan saya pamit dari dari dewan yang terhormat, adik-adik yang terhormat, anak-anakku yang terhormat semua,” tutupnya. (*)