Banner 728x250
Pemerintahan

Bupati Luwu Serahkan RAPBD Tahun 2024 ke DPRD, Prioritaskan Kenaikan Gaji dan Tunjangan ASN

×

Bupati Luwu Serahkan RAPBD Tahun 2024 ke DPRD, Prioritaskan Kenaikan Gaji dan Tunjangan ASN

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD 2024 kepada Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali yang disaksikan oleh para anggota DPRD dalam sebuah rapat paripurna di ruang sidang kantor DPRD Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Senin, 30 Oktober 2023.

Dalam Pidato Pengantarnya, Bupati menerangkan bahwa ranperda ini disusun berdasarkan ketentuan pasal pada Undang-undang nomor 19 tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belnja Negara tahun 2024, yang di dalamnya telah mengatur mengenai transfer pemerintah pusat yang menjadi dasar penyusunan RAPBD tahun 2024 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat pada tanggal 16 Oktober 2023 kemarin.

“Berdasarkan Undang-undang tersebut pemerintah daerah telah melakukan penyesuaian terhadap kebijakan pendapatan daerah yang dituangkan dalam RAPBD tahun 2024, selanjutnya pada hari ini ditindak lanjuti dengan mengajukan rancangan peraturan daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2024” ucapnya

Basmin Mattayang juga menyampaikan, RAPBD tahun 2024 adalah agenda pembangunan tahun ke-5 atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Luwu tahun 2019-2024.

Baca Juga:  Kendalikan Inflasi Daerah, Pemkab Luwu Gelar Pasar Murah

“RAPBD tahun 2024 tidak terlepas dari arah kebijakan pemerintah pusat yang telah disinkronkan dengan prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan Kabupaten Luwutahun 2024 akan mengambil tema, Pembangunan Yang Berkelanjutan Untuk Kemandirian dan Kesejahteraan Rakyat” jelas Basmin.

Bupati Luwu menyampaikan RAPBD tahun 2024 itu memprioritaskan pada, 1. Mengalokasikan anggaran untuk kenaikan gaji dan tunjangan ASN sebesar 8 persen dalam RAPBD tahun 2024. Hal ini sejalan dengan kebijakan bapak Presiden Republik Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan kinerja dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah. 2. Melanjutkan penganggaran Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) bagi ASN Pemerintah Kabupaten Luwu. 3. Menyiapkan dukungan pendanaan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. 4. Memberikan tambahan alokasi anggaran operasional Kecamatan termasuk untuk penguatan koordinasi Forum Pimpinan Kecamatan. 5. Peningkatan kualitas infrastruktur terutama dibidang Pendidikan, Kesehatan dan Pekerjaan Umum dalam upaya pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pelayanan dasar. 6. Program kegiatan penurunan angka stunting, penanganan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi dan penguatan ketahanan pangan

Baca Juga:  Walikota Palopo Ikuti Karnaval dan Jalan Santai Hari Kesehatan Nasional

Secara garis besar Bupati Luwu juga menyampaikan rincian Pendapatan dan Belanja Daerah dalam RAPBD untuk tahun anggaran 2024. 1. Pendapatan daerah, pada tahun anggaran 2024 target pendapatan daerah direncanakan sebesar 1,51 trilyun lebih, mengalami penurunan 90 milyar lebih atau dari target apbd tahun anggaran 2023 yang ditetapkan sebesar 1,60 trilyun lebih. Beberapa jenis pendapatan daerah yang mengalami penurunan di tahun 2024 adalah lain-lain pendapatan daerah yang sah, pendapatan transfer antar daerah, dan pendapatan hibah. 2. Belanja daerah, secara keseluruhan pada tahun anggaran 2024 ditetapkan sebesar 1,53 trilyun lebih, mengalami penurunan sebesar 130 milyar lebih dari target apbd tahun anggaran 2023 yaitu sebesar rp. 1,66 trilyun lebih. Jenis belanja daerah yang mengalami penurunan ditahun 2024 adalah jenis belanja modal yang ditargetkan mengalami penurunan seiring dengan penyelesaian beberapa proyek strategis daerah ditahun 2023. 3. Pembiayaan daerah, pada tahun anggaran 2024 direncanakan pembiayaan netto daerah sebesar sebesar 23 milyar, mengalami penurunan sebesar 37.2 milyar lebih dari target apbd tahun anggaran 2023 yang ditetapkan sebesar 60,2 milyar lebih. Sebagaimana diketahui pembiayaan daerah sebagian besar bersumber dari sisa lebih anggaran tahun sebelumnya yang diperkirakan akan turun dipengaruhi oleh kinerja serapan anggaran yang cukup baik di tahun 2023.

Baca Juga:  Hadiah Awal Tahun, Bupati Luwu Lantik Sejumlah Pejabat Lingkup Pemerintah Daerah

“Kami berharap kepada dewan yang terhormat untuk bersedia segera meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan pembahasan rancangan APBD tahun anggaran 2024 sehingga APBD 2024 dapat segera kita sepakati bersama dan semua kegiatan segera dapat terlaksana sesuai jadwal serta memberikan nilai manfaat bagi masyarakat Kabupaten Luwu” ucap BASMIN Mattayang. (*)