Kesehatan

Dinkes Luwu Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan

×

Dinkes Luwu Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Dinas Kesehatan bekerjasama Balai Pengawas Obat dan Makanan Kota Palopo menggelar bimbingan teknis kader keamanan pangan di aula pertemuan Hotel Belia, Jl. Sungai Pareman No. 28, Kelurahan Sabe Kecamatan Belopa Utara, Senin (30/10/2023).

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Hj. Surahma Hidayat, SKM, M.Kes menjelaskan, Kader Keamanan Pangan merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan.

“Bimtek ini bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa dan untuk melakukan pengawasan keamanan pangan di desa,” jelas Hj. Surahma.

Sesuai dengan amanat UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi Pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Penanganan pangan yang aman perlu terus dilakukan, didukung dengan pemberdayaan masyarakat demi mewujudkan terciptanya konsumen cerdas yang dapat melindungi dirinya sendiri, keluarga, maupun komunitas masyarakat dari ancaman produk makanan yang tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Kepala Balai POM Palopo, Burham Sidobejo, SH. MH, selaku narasumber pada kegiatan ini menguraikan beberapa kiat-kiat dalam membeli pangan yang aman, serta kriteria membeli pangan siap saji dan pangan olahan. (*)