Banner 728x250
News

KTH Kandang Ledo Bajo Barat, Ikuti Pelatihan Pembuatan Gula Semut

×

KTH Kandang Ledo Bajo Barat, Ikuti Pelatihan Pembuatan Gula Semut

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Kompok Tani Hutan (KTH) Kandang Ledo Desa Tumbubara Kec. Bajo Barat Kabupaten Luwu melaksanakan pelatihan pembuatan Gula Semut, Rabu, 09/8/2023.

Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan nilai ekonomi  (Nekon) anggota kelompok yang selama ini memproduksi gula merah 

Ketua KTH Kandang Ledo Yahdi Suaib mengatakan bahwa “Pelatihan pembuatan gula semut merupakan inovasi untuk usaha yang selama ini dijalankan anggota kelompok memproduksi gula merah selama ini, dengan usaha gula semut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi anggota kelompok karena perbedaan harga gula merah dengan gula semut sangat jauh lebih besar nilai ekonominya” terang Yahdi 

Baca Juga:  Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023, Bupati Luwu : Pemerintah Membuka Luas Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan

Sementara Pendamping KTH Kandang Ledo Ismail Ishak yang menjadi instruktur pada pelatihan pembuatan gula semut ini mengatakan “Melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada beberapa kelompok tani hutan menjadi sebagai upaya untuk  membantu masyarakat Luwu dan juga menjadi langkah untuk membangun usaha pada tingkat hulu dimasyarakat agar tercipta masyarakat sejahtera hutan tetap lestari” ucapnya.

Lanjut Ismail, ketika kelompok-kelompok tani hutan sudah mampu membuat produk-produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) maka tentu kita akan melakukan upaya hilirisasi produk dengan menampung dan membantu memasarkannya.

Baca Juga:  Bank BRI Unit Belopa Akui Sertifikat Agunan Nasabah Kredit Dana KUR Hilang, Kok Bisa?

Salah seorang anggota kelompok tani hutan Kandang Ledo Desa Tumbubara Lukman bersyukur dan berterima kasih kepada pendamping yang sudah memberikan pelatihan pembuatan gula semut.

“Karena dengan adanya pelatihan pembuatan gula semut, kami diberikan ilmu yang sangat berharga” ucap Lukman Zainuddin

“Selama ini kami hanya membuat gula merah yang berbentuk gula batu ternyata air nira aren bisa menjadi gula semut yang nilai jualnya juga sangat tinggi” sambungnya (*)