Kesehatan

Dispora dan Dinkes Luwu Kerjasama Aksi Bergisi di Suli Barat

×

Dispora dan Dinkes Luwu Kerjasama Aksi Bergisi di Suli Barat

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Kepala Dinas Kesehatan Luwu, dr Rosnawary Basir mengungkapkan kegiatan Aksi Bergisi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Luwu, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kabupaten di lapangan Puang Tambuk Desa Buntu Barana Kecamatan Suli Barat, Minggu (9/7/2023) merupakan upaya menjaga kesehatan dalam hal mencegah terjadi stunting.

“Gerakan-gerakan senam yang kita lakukan tadi bukan hanya sekedar bergerak saja tetapi ada gerakan yang bisa kita lakukan setiap hari untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah penyakit stroke,” jelasnya dr Rosnawary

Dirinya juga menambahkan, selain olahraga dan makan makanan bergizi, perlu menjaga perilaku hidup sehat dengan memperhatikan 5 Pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) diantaranya tidak buang air besar sembarang tempat, mengkonsumsi air minum yang bersih dan sehat.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi mengatakan, pemerintah Kabupaten Luwu terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting, salah satunya dengan aksi bergisi

Lanjut, Hj. Hayarna Basmin dalam sambutan mengatakan, aksi bergisi selain dengan melakukan olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar, harus juga dibarengi dengan makan makanan bergisi yang seimbang.

“Jadi selain olahraga kita juga harus makan makanan bergizi, khusus bagi anak-anakku remaja putri apalagi yang sudah memasuki masa menstruasi harus rutin minum tablet tambah darah untuk menghindari terjadinya anemia,” tandasnya. (*)