PD IKA Unhas Bulukumba Sponsori Pameran Kopi dan Hasil Bumi Bulukumba

Eksposindo.com | Pengurus Daerah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (PD IKA Unhas) Bulukumba berkomitmen untuk turut serta dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai dengan terbentuknya IKA Unhas di Bulukumba.

Untuk itu PD IKA Unhas Bulukumba turut mensponsori terlaksananya kegiatan Pameran Kopi dan Hasil Bumi Bulukumba yang berlangsung pada 16-18 Desember 2022 di dusun Gamaccayya Desa Kahayya Kecamatan Kindang.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Lembaga Konservasi dan Budaya Masyarakat Kahayya (LKBMK).
Koordinator LKBMK saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa pelaksanaan pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk UKM lokal asal desa Kahayya.

“Kami berharap, ke depan produk lokal ini dapat menembus pasar lokal kota Bulukumba,  retail modern yang di ibukota provinsi hingga pasar regional indonesia timur,” ungkap Richal Rahmat.

Di tempat yang sama, Abdul Rahman Kepala Desa Kahayya menyambut baik kehadiran pengurus IKA Unhas Bulukumba pada acara tersebut.

“Keberadaan IKA Unhas Bulukumba pada kegiatan ini, semoga bisa memberikan pembinaan kepada generasi muda yang ada di desa Kahayya,” tutur Kepala Desa yang sudah menjabat 2 periode.

“Kami juga berharap agar salahsatu varietas kopi lokal yang ada di desa Kahayya yaitu Kopi Bugis dapat dipertahankan keberadaannya karena menyangkut warisan yang keberadaannya turun temurun dari leluhur karaeng Kindang pertama” Sambungnya.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Bulukumba dalam sambutan sekaligus membuka acara yang diwakili oleh salah seorang pengurus daerah menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program kerja IKA Unhas Bulukumba yang akan di laksanakan dalam waktu dekat.

“IKA Unhas berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan target yang tertuang dalam visi dan misi pemerintah kabupaten Bulukumba,” ujar Andi Iqbal yang juga dewan penasihat IKA Unhas Bulukumba.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa alumni Unhas yang tergabung dalam pengurus IKA mempunyai kompetensi dan keahlian masing-masing di semua bidang.

“Jaringan alumni yang kami miliki, merupakan modal dasar dalam melaksanakan kegiatan. Karena itu, kami optimis bahwa dengan kerjasama yang dibangun bersama LKBMK dan didukung oleh pemerintah setempat, kita dapat mencapai tujuan bersama,” ungkapnya di akhir sambutan.

Rangkaian acara  pembukaan, dilanjutkan dengan peninjauan beberapa stand pameran yang menampilkan produk lokal. PD IKA Unhas yang hadir sangat terkesima dengan beberapa produk yang dipamerkan karena memiliki keunikan dan jarang dijumpai di tempat lain.

Keripik Ganyong, Gula Cair, Kunyit Bubuk dan beberapa produk UKM lainnya diharapkan dapat dibina oleh IKA Unhas Bulukumba sehingga lebih dikenal oleh masyarakat secara luas. (*)