RSUD Batara Guru Belopa Hentikan Penggunaan Sirup Paracetamol

  • Bagikan

Eksposindo.com | Rumah Sakit Batara Guru, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan menghentikan penggunaan sirup paracetamol.

“Sementara kita hentikan dulu sampai ada pemberitahuan selanjutnya. Aturan ini resmi kami berlakukan sejak Kamis kemarin. Semua fasilitas kesehatan hentikan penggunaannya,” kata dr. Daud Mustakim  Direktur RSUD Batara Guru Belopa, Jumat (21/10/2022).

Daud menegaskan, bukan hanya obat cair dengan kandungan parasetamol yang diimbau untuk dihentikan penggunaannya, melainkan seluruh obat berbentuk cair atau sirup. Sebab, yang kini sedang ditelusuri terkait kasus gangguan ginjal akut misterius bukanlah bahan obat parasetamolnya, melainkan komponen pembentuk sirup.

“Sesuai dengan arahan yang dilakukan Kementerian Kesehatan, semua obat sirup atau obat cair. Bukan hanya parasetamol,” katanya.

Daud menambahkan untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus lebih banyak, atau kematian berikutnya. Diberhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian dan penelusurannya.

Dengan begitu kata Daud, masyarakat masih bisa menggunakan obat-obat penurun panas berbentuk tablet, atau yang dimasukkan melalui anus (supositoria). Pun memerlukan konsumsi obat cair melalui oral, warga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan lebih dulu.

Dia kemudian menganjurkan para orang tua untuk mewaspadai gejala-gejala gagal ginjal akut yang muncul pada anak-anak. Di antaranya berupa penurunan jumlah atau volume urine dan frekuensi buang air kecil. (*)

  • Bagikan