Berikan Edukasi Pertambangan dan Pamerkan Batuan Mengandung Emas, Stand Masmindo di Pekan UMKM Luwu Dipadati Pengunjung

  • Bagikan

Eksposindo.com | Pemerintah Kabupaten Luwu kembali menggelar pekan UMKM yang dipusatkan di poros jalur 2 Belopa, depan Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, dan berlangsung mulai 3 – 9 Oktober 2022.

Pekan UMKM ini diikuti oleh sejumlah UMKM Binaan TP-PKK Luwu, UMKM Binaan Dekranasda, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan dan UMKM binaan dari 22 kecamatan.

Selain dari UMKM juga diikuti dari Pihak perbankan dan non perbankan, perusahaan swasta dan para pelaku ekonomi lainnya turut menjadi bagian dari kegiatan tersebut.

Kegiatan ini nampaknya membawa banyak manfaat bagi bagi pelaku UMKM maupun bagi masyarakat umum.

Pengunjung dapat melihat atau sekaligus belanja produk-produk UMKM Lokal yang dipamerkan di stand-stand UMKM maupun stand dari pemerintah kecamatan.

Selain itu pengunjung juga mendapatkan banyak informasi tentang perkembangan pembangunan di Kabupaten Luwu.

Salah satu Stand yang paling banyak menarik animo masyarakat
Dipekan UMKM yakni Stand PT Masmindo Dwi Area (MDA).

PT MDA Merupakan perusahaan tambang Emas yang berada di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu yang kini memasuki tahap Pra-Konstruksi.

Dari pantauan media di lokasi ternyata masyarakat tidak hanya sebatas berkunjung, namun mereka yang datang selain melihat perbagai perlengkapan kerja milik PT MDA, dan melihat batuan yang mengandung Emas yang dipajang di Stand, para pengunjung juga ingin tahu banyak hal tentang pengelolaan tambang Emas yang ada di Latimojong tersebut.

Manager External Relations PT MDA, Yudhi P, menyampaikan bahwa hampir semua pengunjung yang datang di Stand PT MDA menanyakan terkait pengelolaan Emas dan dampak pertambangan pada lingkungan.

“Salah satu tujuan kehadiran kami di Pekan UMKM ini yakni memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata kelola tambang yang baik” ucap Yudhi Rabu, 5 Oktober 2022.

Selain itu kata Yudhi, pihak MDA juga menjelaskan kepada pengunjung, bahwa kehadiran MDA di Luwu itu untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Luwu.

Yudhi juga menyampaikan bahwa di Stand MDA ada, inovasi-inovasi lingkungan : lappa-lappa untuk penahan longsor, kompos cair, dll

Ada juga atraksi/demo Tim Safety PT MDA tentang penanganan kondisi darurat, basic life support, dll

Di Stand MDA juga memamerkan produk-produk unggulan UMKM binaan MDA (9 produk)

Nah bagi yang suka berswafoto di Stand MDA juga menyiapkan Photo Booth, pengunjung bisa berfoto dengan kostum MDA (helm & rompi safety)

Stand PT MDA ini mendapatkan banyak apresiasi dari pengunjung,
Rezky salah satu warga Belopa yang berkunjung ke Stand milik PT MDA mengungkapkan bahwa rasa ingin tahunya tentang tambang Emas kini terjawab.

“Rasa penasaran saya terjawab setelah berkunjung ke Stand PT MDA, kini saya sedikit memahami tentang tambang Emas itu” ungkapnya.

Rezky juga menyampaikan bahwa dirinya juga banyak mendengar penjelasan dari pihak MDA yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat Luwu serta tetap melestarikan alam.

Sebelum keluar dari Stand PT MDA, pengunjung juga diberikan sebuah kertas untuk mengisi kuesioner dan menjawab quiz dari pihak PT MDA yang akan diundi diakhir kegiatan dengan hadiah bingkisan yang menarik.

Pekan UMKM 2022 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, dan dihadiri unsur Forkopimda, Sekda, para kepala OPD, Camat dan Kepala Desa.

Berbagai Kegiatan juga dilaksanakan untuk memberikan daya Tarik bagi para pengunjung Pekan UMKM 2022, diantaranya adalah pameran produk UMKM, vaksinasi, donor darah, cek kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan, pembuatan pasport oleh Kantor Imigrasi Kelas II Palopo, Pojok Datun oleh Kejaksaan Negeri Luwu, Pelayanan SIM oleh Polres Luwu, pelayanan PBB oleh Bapenda Kab. Luwu, pengadaan pasar murah, serta acara hiburan lainnya (lomba nyanyi duet para camat beserta istri, lomba nyanyi kepala desa perwakilan kecamatan, lomba nyanyi solo antar SMA/sederajat dan lomba memasak). (*)

  • Bagikan