Masmindo dan Indika Foundation Tingkatkan Kapasitas Guru SD Se-Latimojong

  • Bagikan

Eksposindo.com | PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) kembali membuktikan komitmen dan  kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Luwu.

Bersama-sama Indika Foundation dan didukung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Masmindo menggelar “Program Pelatihan Kapasitas Guru SD di Areal Lingkar Tambang Kec. Latimojong”, bertempat di Aula Hotel Subur pada 24-25 September 2022 ini.

Pelatihan dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Luwu Hasbullah, dengan didampingi  Kepala Teknik Tambang (KTT)/Site Manager Masmindo Musfata Ibrahim beserta sejumlah staf Masmindo.

Kegiatan pelatihan diikuti 25 guru dari 5 SD yang berada di desa-desa terdekat perusahaan, dan berlangsung selama dua hari dengan materi pelatihan yang difokuskan pada metode pembelajaran kreatif dan inovatif di kelas. 

Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dan pelatih yang berpengalaman dalam pengembangan program pendidikan di daerah terpencil, baik dari pihak Program Indonesia Mengajar, Dinas Pendidikan Kab. Luwu, dan juga dari pihak Indika Foundation.

Di hari pertama para peserta dibekali materi tentang literasi dan numerik serta metode pembelajaran kreatif, yang diikuti dengan antusias oleh para peserta dari pagi hingga menjelang sore. Materi hari pertama diakhiri dengan pemaparan dokumentasi dan publikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Sedangkan materi pamungkas di hari kedua adalah perkenalan “Kurikulum Merdeka Belajar” yang diharapkan dapat diaplikasikan oleh seluruh peserta pelatihan. Pihak Dinas Pendidikan Kab. Luwu akan melakukan pemantauan untuk memastikan agar setiap sekolah bisa membuat rencana kerja terkait.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Luwu Hasbullah mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Masmindo ini. 

“Saya mewakili Pemerintah Kab. Luwu mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Masmindo yang telah peduli dan berkontribusi untuk kemajuan dunia pendidikan di Luwu”.  Tambahnya, “Selama dua tahun saya menjabat, program ini adalah yang pertama kalinya sehingga ini perlu kita syukuri bersama. Saya berharap kegiatan ini merupakan pembuka sehingga ke depan bukan hanya guru di sekitar tambang saja yang ditingkatkan kapasitasnya,  namun semua guru yang ada di Kab. Luwu diharapkan bisa mendapatkan pelatihan seperti ini”.

KTT/Site Manager Masmindo Musfata Ibrahim turut memberikan pernyataan, “Kami berharap dengan pelatihan ini para guru bisa lebih kreatif lagi dalam mengajar, sehingga minat belajar siswa akan lebih meningkat lagi”. Tambahnya, “Tentunya kegiatan ini tidak akan berakhir disini karena ini merupakan langkah awal. Ke depannya kami berharap bisa kembali melaksanakan kegiatan semacam ini dalam lingkup yang lebih luas lagi”.

Program ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Masmindo, khususnya di bidang pendidikan. Sejumlah kontribusi di bidang pendidikan telah diberikan Masmindo kepada pihak-pihak terkait setempat, seperti : bantuan meubelair sekolah untuk SD Ranteballa;  bantuan tas sekolah dan buku-buku untuk 350 siswa di 5 desa sekitar perusahaan; pendirian Banua Manarang sebagai sarana pendidikan & perpustakaan anak di Desa Tobarru; program guru bantu di SD Salubulo; sosialisasi keselamatan di SMKN 2 Luwu; dan sejumlah kontribusi lainnya. Sehingga melalui sejumlah inisiatif dan dukungan Masmindo ini diharapkan dapat mendorong terciptanya generasi yang pintar, cerdas, dan kreatif di Kab. Luwu. (*)

  • Bagikan