Kadis PUPR Luwu Buka Acara Pembekalan Dan Uji Sertifikasi Bagi Tenaga Kerja Konstruksi

  • Bagikan

Eksposindo.com | Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, kembali bekerjasama dengan Dinas PUPR Kab. Luwu.

Kerjasama tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi yang berlangsung di Aula Bappelitbangda Kab. Luwu.

Ratusan tenaga kerja yang terdiri dari tukang batu, tukang kayu dan tukang baja ringan mengikuti kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, (14-15/09/2022).

Saat acara pembukaan, terlihat hadir anggota DPR RI Fraksi Golkar, Muh. Fauzi, didampingi Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli, ST.

Kehadiran suami dari Bupati Luwu Utara ini selaku penginisiasi terselenggaranya kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi tersebut.

Bupati Luwu yang seyogyanya membuka kegiatan diwakili Kadis PUPR.

Dalam sambutannya, Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT Daffa Ikhsan  sangat mengapresiasi anggota Komisi V DPR RI yang memfasilitasi sehingga kegiatan pembekalan ini bisa terselenggara di Luwu.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu, Kami berterima kasih dan memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada anggota Komisi V DPR RI, pribadi Bapak Muh. Fauzi, karena atas usulannya kepada Balai Jasa Konstruksi sehingga kegiatan ini dilaksanakan di Luwu”, ucap Ikhsan, Rabu (14/09/2022).

Lebih lanjut Ikhsan berharap, kegiatan pelatihan dan pembekalan seperti ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Setidaknya untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para tenaga kerja. Bahkan bisa melahirkan tenaga-tenaga kerja yang berkompeten dan professional sesuai keahlian yang dibutuhkan.

Apalagi menurutnya, di era sekarang sudah menjadi keharusan bagi seorang tenaga kerja untuk memiliki keterampilan bersertifikasi sesuai amanat Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.


“Karena tidak ada pekerjaan yang bagus jika dikelola dan di tangani oleh sumber daya manusia yang tidak di dukung dengan kompetensi yang ada”, ujar Ikhsan.

Diakhir sambutannya, kadis Ikhsan juga menyinggung keberadaan beberapa bidang dan tupoksinya di instansi yang dipimpinnya.

Menurutnya, dari beberapa bidang yang ada, bidang Jasa Konstruksi yang memiliki domain terkait pengembangan sumber daya manusia.

“Berbeda dengan bidang lainnya seperti Jalan, Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Preservasi, itu lebih cenderung pada peningkatan infrastruktur yang tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar”, ujar Ikhsan. (*)

  • Bagikan