Kadis Pendidikan Luwu Dituntut Serius Tangani Persoalan SDN 356 Papakaju

Eksposindo.com | Sudah beberapa bulan Lahan SDN 356 Papakaju di Kecamatan Suli Kabupaten Luwu Diblokir warga yang mengklaim sebagai ahli waris.

Akibatnya sampai hari ini ratusan siswa menumpang di rumah guru untuk melakukan proses belajar mengajar.

Hal ini tentu sangat mempengaruhi kondisi guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Dampaknya prestasi siswa akan menurun.

Kondisi yang berlarut-larut ini membuat Dosen STISIP Veteran Palopo, Hajaruddin Anshar prihatin dengan kondisi siswa yang belajar di rumah guru dengan fasilitas seadanya.

“Kondisi ini merupakan preseden buruk bagi sistem pendidikan yang ada di Luwu. Sehingga perlu dicarikan solusi terbaik,” katanya Minggu, 21 Agustus 2022.

“Hal seperti ini sudah sering terjadi, ini menandakan Pemerintah Kabupaten Luwu khususnya Dinas Pendidikan tidak serius mengurus, dan meningkatkan mutu pendidikan di Luwu,” tambah Hajar.

Jika pemerintah betul-betul serius maka persoalan ini tidak akan berlarut-larut.

“Gedung sekolah adalah fasilitas utama dalam meningkatkan mutu pendidikan, bagaimana mau tingkatkan prestasi kalau gedung sekolah saja tidak mampu diselesaikan,” ucap Hajar.

Hajar berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang maka Bupati, atau anggota dewan harus mendorong Dinas Pendidikan sebagai stakeholder terkait untuk melakukan pendataan sertifikat tanah sekolah.

Menurut Hajar, Bupati harus tegas agar Dinas Pendidikan bisa membuat langkah langkah untuk mengantisipasi kejadian seperti ini berulang.