Agama  

Idul Adha 1443 H, Bupati Luwu : Teladani Pengorbanan dan Kesabaran Nabi Ibrahim As

Eksposindo.com | Idul Adha atau sering disebut Idul Qurban merupakan momen bersejarah yang mengisahkan sikap rela berkorban dan kesabaran yang luarbiasa dari seorang ayah bersama anaknya, yakni Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT. Dari kisah ini patutlah ummat muslim untuk meneladani sikap rela berkorban dan sabar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kisah keteladanan ini disampaikan oleh Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang dalam sambutannya pada rangkaian pelaksanaan sholat Idul Adha 10 DZulhijjah 1443 H, di Masjid Agung Kabupaten Luwu, Ahad (10/7/2022)

“Sebagaimana dijelaskan pada Surah Al-Kautsar ayat 1-3, bahwa berqurban pada hakekatnya merupakan ikhtiar untuk mendekatkan diri Kepada Allah SWT”, kata H Basmin Mattayang

Dari kisah Nabi Ibrahim As, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan ketika orang ingin berqurban, yaitu ketulusan hati, memberikan yang terbaik dan berqurban semata-mata hanya untuk mendapatkan Ridha dari Allah SWT.

“Marilah kita jadikan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini sebagai momentum membangun semangat bahu membahu antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Luwu lebih baik, maju, mandiri dan sejahtera yang bernuansa religius”, lanjutnya

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan selamat merayakan Idul Adha 1443 H dan menyampaikan permohonan maaf.

“Atas nama pribadi dan keluarga, mohon maaf lahir dan batin jika selama menjabat sebagai Bupati, ada salah dan khilaf. Mari kita saling mendoakan semoga Allah SWT memberikan keberkahan bagi kita semua”, tutupnya.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, H Nurul Haq menyampaikan ceramah yang berjudul Manfaatkan Momen Idul Adha untuk Berbuat Kebajikan

Pada kesempatan itu, panitia pelaksana perayaan Idul Adha 1443 H menyampaikan   daftar nama penyumbang dan tempat penyembelihan hewan qurban. Total hewan qurban yang terdaftar berjumlah 203 ekor sapi dan 9 ekor kambing. 115 ekor sapi dan 7 ekor kambing terdaftar pada Masjid Raya Al-Islah Belopa sementara 88 ekor sapi dan 2 ekor kambing terdaftar di Masjid Agung Kabupaten Luwu. Sebelum meninggalkan masjid, H Basmin Mattayang menyerahkan 1 ekor sapi kepada panitia pelaksana.

Sholat Idul Adha 1443 H diikuti oleh sejumlah anggota forkopimda, para Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu dan masyarakat. (*)