Longsor, Faskes dan Jalan di Latimojong Luwu Ambles

  • Bagikan

Eksposindo.com | Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu Sulsel mengakibatkan Jalan poros di Desa Pajang, Kecamatan Latimojong,  ambles akibat longsor. Selain merusak jalan, tanah longsor juga menimpa beberapa bangunan di Desa Pajang. Diantaranya Puskesmas dan Kantor KB.

Arsyad Jani, Ketua BPD Desa Pajang mengatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun sejumlah fasilitas umum rusak.

“Sebagian bangunan Puskesmas retak dan ambles, termasuk jalan desa serta kantor KB yang rusak berat. Semua bangunan dan jalan ini posisinya berdekatan,” kata Arsyad Jani saat dihubungi media  melalui sambungan telepon, Kamis (17/2/2022).

Jalan desa yang ambles diperkirakan mencapai 20 meter. Jalan tadi masih dapat dilalui pejalan kaki, namun harus hati-hati, karena masih berpotensi terjadi longsor susulan.

Selain longsor, jalan desa saat ini juga terjadi banjir besar. Badan jalan berubah jadi sungai yang berarus deras. Kejadian ini kata warga cukup unik, karena jalan desa ini berada di ketinggian tapi tiba-tiba berubah jadi sungai dan tidak dapat dilalui warga.

Sekretatis Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Luwu, Aminuddin Alwi, mengatakan personil TRC dari BPBD sudah bergerak menuju lokasi. Jika kondisinya terus memburuk, warga harus diungsikan.

“Kita lihat kondisinya nanti. Tapi untuk sementara kita himbau warga yang berada dekat dari lokasi jalan ambles, karena berpotensi terjadi longsor besar,” kata Aminuddin Alwi.

Aminuddin mengingatkan warga, khususnya yang berada di daerah rawan bencana alam untuk meningkatkan kewaspadaan. (*)

  • Bagikan