Kesehatan

Tindak Lanjuti Apel Akbar, Kadinkes Kawal Grebek Vaksin

×

Tindak Lanjuti Apel Akbar, Kadinkes Kawal Grebek Vaksin

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com | Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr. Rosnawary Basir terjun langsung mengawal grebek Vaksin, menyisir ruangan di kompleks perkantoran kabupaten Luwu, pada Kamis, (9/12) siang.

Hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bupati Luwu, selaku ketua gugus tugas, dan Kapolres Luwu, selaku ketua harian gugus tugas Covid-19 kabupaten Luwu, pada apel akbar, di Mapolres Luwu, Selasa kemarin.

Turunnya dr. Rosnawary bersama TNI-Polri serta tim gugus tugas lainnya untuk memastikan ASN yang bekerja di kantor pemerintahan kabupaten Luwu, telah mendapatkan Vaksin. Pegawai yang kedapatan belum vaksin, langsung diberikan ditempat itu juga, setelah melakukan prosedur semestinya.

“Hari ini, hari pertama kita turun, kita menyasar sejumlah kantor DPRD, BPKAD, Bapenda, Dukcapil, Ketahanan Pangan dan Dinas Pariwisata, kita temukan ada beberapa yang memang belum Vaksin, makanya kita vaksin ditempat, tentunya jika sudah melewati pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur yang ada,” kata Rosnawary.

Rencananya gerebek vaksin di lingkungan perkantoran pemda Luwu, akan digelar hingga Selasa, 12 Desember mendatang.

“Kita akan terus bergerak sampai satu minggu kedepan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya percepatan vaksinasi covid 19 di kabupaten Luwu serta untuk meningkatkan kekebalan terhadap penyakit virus covid 19 di Kabupaten Luwu,” tambah Rosnawary.

Sementara itu, percepatan Vaksinasi pada tingkat kecamatan hingga desa juga turut dikebut. Pihak Puskesmas, kata Rosnawary, mulai melakukan koordinasi bersama camat, kapolsek, dan danramil untuk melakukan vaksin door to door.

“Khusus di masing masing kecamatan, puskesmas meningkatkan koordinasi dengan desa, dan camat serta para kapolsek dan danramil utk membantu uoaya percepatan vaksinasi, dengan melaksanakan vaksinasi door to door, serta pelaksanaan vaksinasi di desa dan sekolah,” kunci Rosnawary.

Untuk diketahui, Saat ini capaian vaksin di Kab. Luwu menurut Update data pertanggal 6 Desember sekitar 43% dari setotal sasaran sejumlah 281.198 jiwa. Yang telah mendapatkan Vaksin Dosis Pertama adalah 121 ribu jiwa. Ditargetkan, di akhir Desember 70% warga di kab. Luwu sudah mendapatkan vaksin Dosis pertama.

“Masih sekitar 80 ribu jiwa masyarakat harus mendapatkan vaksin dosis pertama untuk tercapainya kekebalan kelompok atau Herd Immunity. Jika di rata-rata setiap kecamatan masih ada 3.637 warga yang perlu mendapatkan vaksin. Atau dengan kata lain setiap desa masih ada 353 warga yang perlu mendapatkan vaksin agar target capaian vaksin kab. Luwu mencapai 70%. Ini adalah hitungan umum karena dari 227 desa/kelurahan yang ada di kab. Luwu,” tutup Rosnawary. (*)