DPRD Kirim Rekomendasi ke Bupati Luwu Agar PT Masmindo Stop Sementara Bila tak Penuhi Syarat Ini

  • Bagikan

Eksposindo.com — Akhirnya DPRD Luwu mengeluarkan 2 rekomendasi penting pasca Rapat Dengar Pendapat di DPRD Luwu, Selasa (5/10) lalu terkait tuntutan masyarakat Rante Balla, Latimojong yang menuntut PT Masmindo Dwi Area membayar kompensasi lahan.

Rekomendasi yang ditujukan kepada Bupati Luwu itu tertuang dalam surat nomor 170/833/DPRD/X/2021. Isinya memuat dua rekomendasi.

Pertama, mengimbau Bupati Luwu untuk mendesak PT Masmindo Dwi Area untuk segera menerbitkan surat resmi terkait waktu pelaksanaan pembebasan lahan di Desa Rante Balla Kecamatan Latimojong yang terkena dampak rencana penambangan emas PT Masmindo Dwi Area paling lambat dua minggu setelah surat rekomendasi terbit.

Poin kedua, jika PT Masmindo Dwi Area dalam kurun waktu dua minggu belum menerbitkan surat resmi terkait waktu pelaksanaan pembebasan lahan sesuai poin 1, maka demi menghindari terjadinya konflik dan tindakan main hakim sendiri dari tokoh masyarakat dan warga Desa Rante Balla maka direkomendasikan kepada Bupati Luwu untuk mengambil langkah-langkah tegas dan terukur sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menghentikan sementara segala aktivitas pertambangan PT Masmindo Dwi Area di Desa Rante Balla.

Ketua Komisi I DPRD Luwu, Alam Tagan yang dimintai keterangannya membenarkan perihal rekomendasi tersebut.

“Iya kami sudah mengirim surat rekomendasi kepada Bupati Luwu. Poinnya ada dua. Intinya, meminta Bupati Luwu untuk mendesak Masmindo mengeluarkan surat resmi waktu pelaksanaan pembebasan lahan. Dan kedua, bila tidak diindahkan, bupati kiranya untuk sementara menghentikan aktivitas Masmindo.

“Semoga masalah kompensasi lahan warga Rante Balla ini terselesaikan demi menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” kata Alam Tagan. (*)

Baca Juga  Mendekati Pembahasan, Anggota DPRD Luwu Akui Belum Terima Draf Salinan KUA-PPAS 2021
  • Bagikan