Dorong Berkembangnya UMKM dan Percepatan PEN, Dinas Pertanian Luwu Gelar Pelatihan Barista

  • Bagikan

Eksposindo.com — Dinas Pertanian Kabupaten Luwu menggelar pelatihan Barista di pekan Produk UMKM Kabupaten Luwu.

Pelatihan Barista yang digelar di IKM Barambing Selasa 28 September 2021 ini berlaku secara umum dan diikuti para pelaku UMKM.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang mentor Barista Nasional yakni Irsan Yumenk yang juga merupakan Coffeepreneur, Lecturer, Instructor, Assesor, serta Bar Consultant

Selain Irsan Yumenk Pelatihan ini juga menghadirkan instruktur lainnya yakni Alim Manrapi, Finalis Indonesian Barista Championship yang juga seorang Cafe Consultant.

Kepala Dinas Pertanian Albaruddin Andi Picunang dalam sambutannya mengatakan bahwa hal ini memang menjadi sebuah kebutuhan bagi kita khususnya bagi pelaku UMKM maupun bagi mereka yang baru memulai usahanya.

‘Menurut kami dari Pemda Luwu dalam hal ini Dinas Pertanian bahwa dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kita terus berupaya mendorong untuk membangun dan mengembangkan UMKM ini” ucapnya.

Kita ketahui bahwa disektor pertanian ini sangat bergerak dan kita melihat produk-produk dibidang pertanian ini perlu kita dorong untuk lebih berkembang.

“Kita ketahui salah satu tanaman yang punya potensi di Luwu yakni Kopi, potensi kopi kita tidak kalah dengan kopi yang ada di daerah lain” ucap Albaruddin.

Albaruddin menjelaskan kalau pada kesempatan ini kita akan diajarkan Bagamana pengelolaan Kopi paska panen sehingga hasil panen Kopi nantinya akan memiliki nilai tambah jika pengelolaannya itu kita maksimalkan.

“Sehingga hari ini kita hadirkan orang-orang Profesional dalam hal Kopi, Barista dan juga Konsultant Coffe” ungkapnya

Albaruddin menyampaikan kalau Pemda Luwu dan Satgas PEN akan terus mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM yang ada di Luwu. (acc)

Baca Juga  Pemda Luwu Tampilkan Gula Semut di Acara Rapat Fasilitasi Ekonomi Kreatif Sulsel
  • Bagikan