Banner 728x250
News

KPH Latimojong Lakukan Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Lindung Walenrang Barat

×

KPH Latimojong Lakukan Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Lindung Walenrang Barat

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com — Kesatuan pengelolah hutan (KPH) Latimojong bersama dengan Camat Walenrang Barat, Babinsa melakukan penanaman di wilayah Hutan di Lamasi Hulu, Sabtu 21 Agustus 2021.

Dalam kegiatan penanaman ini kepala KPH Hasrul, S.Hut kegiatan penanaman ini merupakan kegiatan sebagai upaya untuk memulihkan kembali hulu DAS Lamasi atau merehabilitasi kawasan hutan lindung.

“Penanaman bibit pohon ini dilakukan di wilayah Hutan Lindung yang sudah gundul atau yang pohonnya sudah habis ditebang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab” ucap Hasrul.

Baca Juga:  Kapolres Luwu Tinjau Posko “Wanua Maballo” Kampung Tangguh Bebas Dari Narkoba di Lamunre Tengah

Hasrul menjelaskan kalau, Rehabilitasi hutan ini merupakan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan serta menjaga peranan hutan.

“Fungsi pokok dari Rehabilitasi ini adalah sebagai perlindungan system penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah” jelasnya.

Hasrul juga menyampaikan kalau Rehabilitasi hutan ini kita lakukan dengan menanam tanaman produktif seperti Jengkol, Pete, dan  Pala sehingga diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang bermukim diatas wilayah pegunungan.

Baca Juga:  6 Bulan Jalani Operasi Di Papua, Brimob Baebunta Lutra, Kembali Ke Mako.

Penanaman ini menjadi program yang didanai oleh PT. Vale dengan memberikan kepercayaan pihak ketiga kepada PT. MGM (Minja Global Mandiri) untuk Kabupaten Luwu sebagai pelaksana dari kegiatan penanaman dan diawasi dan dinilai oleh Surveyor Indonesia sebagai lembaga pengawas dan penilai dari kegiatan ini. (acc)