Banner 728x250
Kesehatan

Jelang Lebaran, Bupati Luwu Tegaskan, Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Pengawasan Terhadap Pendatang Dari Luar Luwu

×

Jelang Lebaran, Bupati Luwu Tegaskan, Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Pengawasan Terhadap Pendatang Dari Luar Luwu

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com — Selama masa larangan mudik, Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, melakukan tes acak (rapid antigen) untuk para masyarakat yang teridentifikasi akan melakukan mudik serta mengantisipasi adanya pemudik yang positif Covid-19.

Pada Selasa, 11 Mei 2021, Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang, bersama, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Pabung Luwu, dan Kepala BPBD Luwu, Rahman Mandaria, melakukan pemantauan Pos Pelayanan Lebaran tahun 2021 di Sentra IKM Barambing Desa Buntu Kunyi Kecamatan Suli, Selasa, 11 Mei 2021.

Baca Juga:  Dinkes Palopo Rilis Laporan Hasil Analisis Data Pengukuran Stunting 2021 - 2023

Dalam pemantauan itu, Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, mengatakan negara Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga para personil yang terlibat dalam Pos Pelayanan Lebaran harus melakukan pengawasan terhadap pendatang dari luar Kabupaten Luwu

“Negara kita masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, sudah ada himbauan dari Mendagri, himbauan dari Gubernur Sulsel, dan Surat Edaran Bupati yang intinya menghimbau masyarakat terutama bagi ASN untuk tidak melakukan mudik, sehingga sebagaimana laporan dari pihak Dinas Kesehatan bahwa jika ditemukan masyarakat yang mudik maka personil segera melakukan pendataan, pemeriksaan kesehatan dan tes Swab Antigen untuk mengantisipasi penularan Covid-19,” jelas H Basmin Mattayang.

Baca Juga:  Ambulance Kehabisan BBM, Kadinkes Panggil 22 Puskesmas, Hal Itu Tidak Boleh Terjadi

Sebagai bentuk pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19, Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Luwu yang dipimpin oleh Kapolres Luwu selaku Ketua Harian telah melakukan koordinasi dan menginstruksikan kepada para Camat dan kepala desa se Kabupaten Luwu untuk proaktif melakukan pemantauan dan pendataan bagi para pendatang.

Selain memantau kegiatan personil, Bupati Luwu juga menyerahkan surat keterangan kepada masyarakat yang telah melakukan tes cepat Swab Antigen di pos pelayanan Kesehatan.

“Alhamdulillah beberapa yang sudah menjalani tes Swab Antigen hasilnya dinyatakan negatif dan belum ada yang ditemukan memiliki gejala-gejala, semoga ini bertanda baik dan mari kita berdoa semoga Covid-19 cepat musnah dari muka bumi ini,” ucap H Basmin Mattayang. (*)