Luwu Utara Diguncang Gempabumi

  • Bagikan

Eksposindo.com– Gempabumi berkekuatan 3.3 SR baru saja mengguncang Luwu Utara, Minggu 14/03/21. Dikutip dari kanal resmi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di wilayah kecamatan Masamba.

Berdasarkan analisis BMKG, Gempabumi tektonik ini menunjukkan gempa terjadi pada pukul 07:34:37 WITA, berkekuatan M=3.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.42 LS dan 120.24 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada 33 Km Tenggara Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada kedalaman 5 km.

Jenis dan mekanisme gempabumi ini, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat yang berdekatan dengan pusat episenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Masamba II (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut.

Hingga hari Minggu, 14 Maret 2021 pukul 10:00 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di wilayah Masamba, Luwu Utara dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Baca Juga  PSC 119 Luwu Keliling Periksa Kesehatan Warga Yang Terdampak Banjir di Walut
  • Bagikan