Aneka

Basarnas Palopo Siaga Khusus di Bandara Bua dan Tempat Wisata Selama Libur Panjang

Eksposindo.com — Hadapi libur panjang tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menyiagakan personilnya di bandara Ilagaligo Bua

Maickel Marth Femy, Komandan Basarnas Palopo, mengatakan, mengantisipasi terjadinya musibah karena adanya lonjakan penumpang, pihaknya menyiagakan personil Basarnas dan Potensi SAR di Bandara yang ada di Bua kabupaten  Luwu.

“Libur panjang ini, kita siagakan anggota SAR di Bandar Udara Ilagaligo Bua guna antisipasi segala kemungkinan yang terjadi karena adanya lonjakan penumpang” ucap Maickel Marth Femy, Jumat 30 Oktober 2020.

Maickel memyebutkan kalau Siaga SAR Khusus ini merupakan instruksi dari pusat dan berlangsung selama 7 hari, mulai tanggal 27 Oktober sampai dengan 02 November 2020 dan selama melaksanakan siaga khusus ini, personil memantau penumpang di bandara dan mengantisipasi jika terjadi musibah atau hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kita siaga mulai penerbangan dibuka pagi hari sampai penerbangan ditutup sore harinya selama 7 hari itu” tuturnya.

Komandan BASARNAS Palopo juga  mengatakan kalau Siaga SAR Khusus Libur Nasional ini bukan cuma dibandara namun juga personil SAR disiagakan di tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung seperti Permandian Latuppa dan Pantai Labombo.

“Kita bagi dalam beberapa Tim untuk siaga ditempat-tempat tersebut, mulai buka sampai tempat wisata itu ditutup untuk pengunjung” ucapnya.

Selain menyiagakan personil, Basarnas Palopo juga menyiapkan peralatan pendukung, seperti perahu karet, mobil rescue dan peralatan SAR lainnya.

Tim Basarnas Palopo juga dibantu oleh SAR SAWERIGADING, SAR  HARDNESS  dan SAR PRAMUKA Peduli Luwu serta tetap berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, dalam melaksanakan tugas pemantauan dan penyiagaan personil di lokasi wisata. (*)

Tags

Related Articles

Close