Banner 728x250
Kesehatan

Lewat Gerakan 1 Juta Masker, KOMANDO Relawan Covid-19 Berbagi Masker Kain Untuk Masyarakat

×

Lewat Gerakan 1 Juta Masker, KOMANDO Relawan Covid-19 Berbagi Masker Kain Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com — Wabah Covid-19 yang terus meningkat mengakibatkan ketersediaan alat pelindung diri (APD) seperti masker cukup langka di pasaran, sehingga jika di jumpai harganya pun melonjak tinggi.

Melihat kondisi itu, KOMANDO Relawan Covid-19 beberapa hari lalu menggagas Gerakan Donasi 1 Juta Masker, masker kain untuk masyarakat dan APD untuk tenaga kesehatan.

Hingga hari ini Jumat, 10 April 2020, Gerakan Donasi 1 Jt Masker itu telah mengumpulkan 1500 lebih Masker Kain.

Tidak menunggu waktu lama lalu kemudian Masker yang terkumpul, di bagikan ke masyarakat di Kabupaten Luwu secara bertahap.

Tercatat ada 13 kecamatan dari total 22 kecamatan di Kabupaten Luwu, yang hari ini menjadi titik masker kain di bagikan.

Dr. Fahmiyanti Arsi Amin, Sp.M.,M.Kes. sebagai salah satu perwakilan IDI yang tergabung dalam KOMANDO Relawan Covid-19 menuturkan, banyak warga yang masih tidak mengenakan masker saat keluar rumah, lantaran keberadaan masker sangat sulit di temukan dan harganya mahal.

Baca Juga:  Tahap Awal, Gugus Tugas Pencegahan Corona Semprot 2 Kecamatan

Sebelumnya WHO dan Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker, terlebih saat keluar rumah.

“Tidak semua masyarakat paham tentang pentingnya menggunakan masker di saat-saat seperti ini, dimana wabah Covid-19 mengancam siapa saja, tujuan sebenarnya masker kain kita gunakan untuk mencegah droplet dari bersin atau batuk seseorang, itulah mengapa masker kain untuk masyarakat ini sangat penting, maka dari itu kita buatlah Gerakan Donasi 1 Juta Masker ini”. Ujar Dr. Fahmiyanti.

Masker kain di anggap cukup efektif saat ini dalam mencegah penularan virus, dikarenakan masker bedah, 3m, N95 dan sejenisnya hanya di peruntukkan bagi para tenaga kesehatan yang berada di garda depan, yang memiliki potensi lumayan besar bisa terpapar oleh virus covid-19.

Baca Juga:  Akademisi Unhas Prediksi, Sekitar 3.500 Orang Akan Terpapar Corona di Pertengahan April 2020

10 OKP dan Ormas yang tergabung dalam KOMANDO Relawan Covid-19, masih terus mengagas upaya-upaya pencegahan pandemi global ini.

“Kita akan mengoptimalkan pembagian masker kain ini, sehingga nantinya untuk masyarakat di tempat umum seperti pasar, dan tempat-tempat keramaian lainnya bisa langsung kita sasar pembagiannya. Ujar Panglima KOMANDO Relawan Covid-19 Sul Arrahman.

Sul pun mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna mencegah penularan Covid-19. Di antaranya makan makanan Beragam Bergizi Seimbang Halal dan Aman (B2SHA), aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari dalam lima kali seminggu, berjemur 5 sampai 15 menit di jam-jam 11:00 sampai 12:00 WITA dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Baca Juga:  Nol Positif Covid di Luwu

Gerakan ini juga membuka donasi bagi masyarakat atau siapa saja yang ingin ikut ambil bagian.

Donasi yang dibuka ada empat macam, bisa berupa donasi dana, donasi kain, donasi masker kain, atau bahkan donasi APD untuk tenaga kesehatan.

Donasi langsung bisa menghubungi Call Center KOMANDO Relawan Covid-19 : 085252016163 atau Pusat Informasi : komando.rc19@gmail.com

Bisa juga melalui No. Rekening di bawah ini :
BRI : 2148-01-007012-53-9
BNI SYARIAH : 0909977881
a.n. Bulan Sabit Merah Indonesia Luwu
Konfirmasi Rek : 082244244644
(acc)