Banner 728x250
Kesehatan

RSUD I Lagaligo Luwu Timur Mulai “Evakuasi” Pasien Yang Terindikasi Virus Corona

×

RSUD I Lagaligo Luwu Timur Mulai “Evakuasi” Pasien Yang Terindikasi Virus Corona

Sebarkan artikel ini

Eksposindo.com — Seorang pria yang identitasnya diminta untuk dirahasiakan, dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah I Laga Ligo Luwu Timur, setelah dokter yang memeriksanya menemukan indikasi penyakit Corona pada pasien tersebut. Selasa 10 Maret 2020.

Pria yang dirujuk ke RSUD I Laga Ligo ini mengaku sudah melakukan perjalanan dari China. Setelah dokter bertanya dan memeriksa kondisi tubuh pria tersebut, dokter memberikan penjelasan bahwa gejala yang diidap harus diperiksa lebih lanjut karena terindikasi terinfeksi Virus Corona.

Untuk melakukan penanganan yang lebih intensif dokter Puskesmas Wotu pun memanggil tim Surveilans Puskesmas untuk segera menghubungi posko Publik Safety Center (PSC) Luwu Timur untuk menjemput pasien tersebut.

Baca Juga:  Terkait Warga Luwu Yang Dirawat di RS. Sawerigading, Satgas : Belum Positif Corona Masih PDP

Berselang beberapa waktu dua petugas medis yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dari unit Publik Safety Centet turun dari ambulans melakukan evakuasi terhadap pasien untuk selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit.

Jangan panik, aksi penanganan pasien yang terindikasi Virus Corona tersebut diatas mengambarkan skema simulasi dalam penanganan pasien yang terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Simulasi ini dilaksanakan oleh RSUD I Lagaligo Wotu beserta Puskesmas Wotu Luwu Timur, Selasa 10 Maret 2020, guna melakukan tindakan penaganan jika ada warga Luwu Timur yang terinfeksi corona itu.

Virus Corona yang telah menyebar ke beberapa negara dan menelan ribuan korban jiwa di seluruh dunia ini juga telah masuk ke Indonesia.

Baca Juga:  PSC 119 Luwu Gelar Sunatan Massal

Kini Pemerintah Indonesia, baik di tingkat pusat, provinsi maupun daerah akan melakukan upaya pencegahan dan penanganan di wilayah yang terdampak virus mematikan yang berasal dari China tersebut.

Meski di Kabupaten Luwu Timur sendiri, belum ada orang yang terkena virus Corona, namun RSUD I Lagaligo Wotu telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi jika suatu saat hal tersebut terjadi.

“Kita melakukan simulasi ini sebagai langkah antisipasi dalam penanganan Covid 19. Kita ingin memastikan sarana dan prasarana tersedia, SDM-nya mahir dan logistik juga tersedia” terang Direktur RSUD I Lagaligo, dr. Benny dalam Konfrensi Pres yang digelar di RSUD I Laga Ligo.

Baca Juga:  Update Covid-19 : 112 Orang Data Penanganan Pencegahan Covid-19 di Luwu

Dokter Benny menjelaskan bahwa yang paling penting dalam menangani pasien yakni petugas harus cakap atau terampil dalam mengambil tindakan.

Jika kemudian ada masyarakat, khususnya yang ketahui ada riwayat perjalanan dari negara yang tertular Covid 19 dan menunjukkan indikasi dengan tiga gejala Corona yaitu deman, batuk dan ada gangguan pernafasan, maka pihaknya kata dr Wahyuni akan segera melakukan penanganan dengan cepat.

“Untuk itu PSC kita jadikan sebagai pusat informasi dalam melakukan penanganan sebagaimana yang kita simulasikan,” pungkasnya (*)