Punya Cita-cita Jadi Dosen, Justru Ibu Ini Jadi Wakil Bupati

Eksposindo.com — Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong tak pernah membayangkan dirinya terjun ke dunia  politik.

Cita citanya hanya ingin jadi dosen di Universitas Hasanuddin, sesuai dengan tempatnya menimba ilmu.

Namun siapa sangka, justru apa yang dicita citakan belum terwujud sampai saat ini dan malah terjun ke dunia  politik yang mengantarkannya menjadi Wakil Bupati Sinjai periode 2018-2023.

Hal tersebut terungkap saat Andi Kartini membawakan materi pada seminar Pendidikan Politik Bagi Tokoh Wanita  dan Penguatan Indeks Demokrasi Daerah yang digelar Badan Kesbangpol Kabupaten Sinjai di Hotel Rofina, Jl  Jenderal Sudirman Sinjai.

Wakil Ketua DPRD Sinjai dua periode ini menceritakan bagaimana awalnya dia terjun ke dunia politik. Dunia yang  menurut sebagain orang penuh dengan intrik. Hal inipun dirasakannya.

Sebelum melakoni kehidupannya di dunia politik, dia berpikiran jika politik itu kejam, penuh dengan intrik dan  segala macam yang negatif.

Tapi sang ayah, H Andi Ottong, meyakinkannya bahwa politik itu baik, tempatnya mengabdi untuk kepentingan  masyarakat dan sekaligus menjadi wadah membantu masyarakat.

Sang ayah yang juga mantan anggota DPRD Sinjai menginginkan anaknya mengikuti jejaknya di dunia politik  karena sang ayah menyadari jika potensi yang dimiliki sang anak sangat tepat di dunia politik.

Akhinya dengan tekad yang kuat dan tentu saja belajar tentang dunia politik, Kartini menerima tawaran sang ayah  agar maju dalam pemilihan legislatif di daerahnya pada tahun 2004 melalui Partai Golkar.

Namun langkah Kartini di awal harus terhenti karena sistem pemilu yang masih menganut sistem nomor urut,  dimana sebagai pendatang awal harus menempati nomor urut 4 ketika itu.

Kegagalannya menjadi anggota legislatif meski peraih suara terbanyak tak membuatnya patah arang.

“Kegagalan itu saya jadikan cambuk untuk terus belajar“,  tegasnya. Ibu lima anak ini menyibukkan dirinya di bidang pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini terus dilakoni hingga
akhirnya pada pemilihan periode 2009-2014, istri dari Ir H Andi Amar ini akhirnya bisa duduk di legislatif, masih  dengan perolehan suara terbanyak.

Hal ini diraihnya tak lepas dari keikhlasan dan dukungan suami, orang tua dan anak anak. Dan ini pulalah yang  membuatnya bisa duduk sebagai Wakil Bupati Sinjai saat ini.

“Jadi kuncinya adalah kerja tulus dan ikhlas, Insya Allah Akan dibukakan jalan oleh Allah Subhanahu Wataala”,  katanya.

Diapun meyakinkan peserta seminar yang terdiri dari kaum perempuan, agar jangan takut terjun ke dunia politik.

“Jangan pernah takut terjun ke dunia politik karena di dunia politiklah ditentukan arah masa depan bangsa”,  tegasnya. (rls).